SQL Data Definition Language

Data Definition Language

SQL Syntax terdiri dari beberapa jenis statement yang akan memampukan kamu menjalankan perintah-perintah dan operasi yang ada dalam SQL atau dalam bahasa mudahnya mereka sudah memiliki sebuah potongan program yang siap kamu gunakan tanpa susah payah.

Sedangkan Data Definition Language adalah statement yang memapukan kamu sebagai user untuk mendefinisikan atau memodifikasi sebuah struktur data dan objek seperti sebuah tabel.

Seperti yang tertulis tujuan dari DDL adalah memampukan kamu sebagai user untuk mendefiniskan sebuah struktur data, sehingga kamu bisa membuat database dan objek database sebagai tabel sesuai dengan kebutuhanmu.

 

time-space-focus-meaningful-work1

DDL Create

Tentu saja contoh yang paling mudah adalah membuat database dengan sebuah syntax, tapi sebelum itu berikut adalah kerangka besar dari syntax create.

“Create TIPE_OBJEK NAMA_OBJEK;” Sehingga saat kita ingin membuat sebuah tabel maka syntax yang kita gunakan adalah “Create Table NAMA_OBJEK(NAMA_KOLOM TIPE_DATA);”

Sebentar akan saya coba buat lebih jelas

Create Table Sales(No_pembelian Int);

dengan kode di atas maka kamu akan membuat sebuah tabel sales dengan kolom yang bernama no_pembelian dengan tipe data integer.

 

 

DDL Alter

Berikutnya kita akan mencoba memodifikasi. Untuk memodifikasi sebuah tabel kita dapat menggunakan perintah Alter dan yang pasti namanya juga memodifikasi sehingga obyek yang mau dimodifikasi harus ada terlebih dahulu. Bila obyek tidak ada, otomatis sql akan bingung dengan apa yang akan diubah.

alter-ego-2679-190fe7810d62eb47c7c69c6115bbd5631x

Langsung contoh saja dengan mengubah tabel yang telah kita buat

Alter table sales
add column tgl_pembelian date;

maka tgl_pembelian akan ditambahkan sebagai kolom baru dengan tipe data date(untuk waktu) sehingga bentuk akhir tabel akan menjadi seperti gambar berikut

tabel sales

Cukup mudah kan? gimana nih sudah mulai ada gambaran?

 

DDL Drop

Kalau ada kesalahan kita bisa menggunakan syntax Drop, misalkan salah bikin tabel dan akhirnya tabel tersebut tidak terpakai sehingga kita bisa gunakan drop seperti contoh berikut

Drop table sales;

Perintah ini akan membuat tabel sales menjadi terhapus dan tabel tersebut tidak akan ditemukan kembali kecuali dibuat ulang.

maxresdefault

 

DDL Rename

Kemudian ada yang bertanya kenapa saya tidak bisa mengganti nama tabel dengan menggunakan perintah alter? Karena memang untuk mengganti nama tabel membutuhkan syntax khusus yakni Rename. Berikut contoh syntax

Rename table sales to sales_data;

Sehingga tabel sales berubah menjadi sales_sata.

DDL Truncate

yang terakhir dari DDL adalah truncate, yang digunakan untuk mengosongkan sebuah tabel. Tabel tersebut tidak akan terhapus tetapi hanya isinya saja.

Truncate table sales_data;

mengapa truncate menjadi sales data? karena sebelumnya kita telah mengubah tabel sales menjadi sales_data.

Ini adalah poin penting dalam data definition language. Syntax-syntax yang ada dapat langsung digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba.

 

Hati-hati Pengunaan Keywords SQL

Hati-hati dalam menggunakan keywords SQL yang ada, maksud saya adalah penggunaan keyword-keyword yang ada dalam SQL sebagai nama database.

Misalkan menggunakan create sebagai nama tabel. Hal ini tidak bisa dilakukan karena SQL akan bingung. Tapi selalu ada cara mengatasi hal seperti ini, tambahkan saja “t” didepan sehingga kita bisa membuat tabel dengan nama tCreate.

Tidak bisa :
Create table Create(id int);

Bisa :
Create table tCreate(id int);

 

Hal ini berlaku terhadap keyword-keyword lain seperti alter, add dan lainnya. Keywords atau reserved word ini tidak bisa digunakan untuk menamai objek.

Tapi membuat tabel tidak semudah yang kita bicarakan karena kita harus menentukan tipe data yang akan kita gunakan. Coba cek post berikutnya mengenai SQL dan tipe data.

Advertisements

2 thoughts on “SQL Data Definition Language

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s