SQL Pengenalan pada Joins

Pengenalan Pada Joins

Keuntungan dalam menggunakan relational database adalah mempercepat dalam pengambilan data.

Join adalah sebuah tools yang memampukan kita untuk mengkontruksi sebuah relasi antar objek atau antar tabel yang dimiliki. Sehingga data antar tabel dapat dihubungkan dengan mudah.

Capture
Relasi Antar Tabel dengan Power Designer

Kita akan melihat hubungan antara tabel Customer dengan HJual. Ide dari join adalah melihat kolom dari kedua tabel ini yang memiliki tipedata yang sama, kedua, 2 kolom ini akan muncul di output yang kita miliki. Sehingga akan muncul sebuah tabel dengan header ID_Penjualan,NamaCustomer,Alamat,TanggalPenjualan,TotalPenjualan.

Untuk mencoba join dengan lebih baik akan lebih baik bila kita bisa memiliki jumlah tabel yang sama. Coba gunakan data berikut.

Setelah memperoleh data tersebut silahkan masukan ke dalam DBMS yang anda gunakan, saya menggunakan MySQL. Berikutnya akan saya jelaskan dahulu syarat menggabungkan(join) antar tabel, kedua tabel tersebut perlu memiliki sebuah objek yang sama seperti ID. Di gambar yang saya berikan objek yang sama dari ketiga tabel tersebut adalah ID_Penjualan.

  • Pertama, kedua tabel tersebut perlu memiliki sebuah objek yang sama seperti ID. Di gambar yang saya berikan objek yang sama dari ketiga tabel tersebut adalah ID_Penjualan.
  • Kedua, tabel-tabel tersebut tidak harus bersebelahan atau terkoneksi secara langsung. Jadi selama objeknya sama maka kedua tabel tersebut bisa terhubung tanpa harus ada relasi secara langsung

Misalkan kita ingin menggabungkan kedua tabel maka kita akan mencari objek apa yang bisa menghubungkan kedua tabel tersebut. Hasil join(result set) adalah semua objek yang terhubung. Coba perhatikan gambar berikut

Contoh Join

Kamu mencoba menggabungkan tabel A dan tabel B. Kemudian tidak semua tabel A terhubung dengan Tabel B maka gambar diatas adalah representasi yang tepat??? Saya kurang pintar menjelaskannya akan tetapi akan saya coba sebaik mungkin. Ketika kita melakukan join dari 2 tabel maka hasilnya adalah objek yang ada di kedua tabel tersebut, kalau mengikuti gambar yang saya buat maka hasilnya adalah daerah yang berwarna merah. Misalh Tabel A adalah tabel departemen dan tabel B adalah tabel employee maka result set adalah employee yang bekerja di departemen yang dipilih. Jadi bila kita hanya memilih departemen mengajaran maka employee yang keluar adalah employee yang ada di departemen pengajaran saja, sedangkan employee yang bekerja di departemen lain tidak akan ditampilkan. Untuk berikutnya saya akan membahas masalah Inner Join. Semoga ilustrasi kali ini cukup menjelaskan mengenai apa itu join.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.