Facebook Ads, Memilih dan Memperluas Jangkauan Bisnis

Setelah persiapan untuk menjalankan facebook marketing yang kamu lakukan beres, maka berikutnya adalah memperluas jangkauan bisnismu dengan ads. Jangkauan diperluas dengan 3 cara :

  1. Pemirsa Inti
  2. Pemirsa Khusus
  3. Pemirsa Serupa

Jadi tentukan siapa yang akan menerima ads mu.

Pemirsa inti adalah orang-orang yang memiliki karakteristik yang sama seperti umur 16-18 tertarik dengan tema makanan, di daerah surabaya. Inilah pemirsa inti, sehingga ads hanya akan muncul kepada orang dengan syarat yang kita minta.

Mungkin muncul pertanyaan, bukankah customerku juga sesuai dengan syarat yang aku minta?? Ads tidak akan muncul ke orang yang sudah jadi customer mu atau lebih tepatnya kepada orang yang memberikan like/follow page facebookmu.

Kemudian mungkin ada yang bertanya bagaimana bila saya ingin memunculkan iklan untuk pelanggan saya?? Hal ini bisa dilakukan dengan memilih pemirsa khusus(Custom Audiance). 

Bagaimana bila bingung menentukan pemirsa saya? Ok, ini hal yang wajar. Facebook memberikan pilihan ke-3 yakni pemirsa serupa. Jadi facebook akan menentukan target ads dengan melihat kesamaan dari orang-orang yang memberikan like pada page yang kita gunakan.

Mungkin gambar di bawah bisa membantu memberikan gambaran di mana kita bisa membuat/menentukan target ads facebook yang kita gunakan. Masuk ke dalam halaman page yang kamu gunakan lalu pilihlah tombol (…) seperti di bawah kemudian pilih create ad.Capture

Maka kamu akan dipindahkan ke halaman facebook ads manager atau bisa juga dengan mengikuti link berikut facebook ads manager.

Setelah kamu masuk maka kamu akan langsung dihadapakan dengan bantuan dari facebook. Pertama kamu akan disuruh memilih tujuan dari advertising yang kamu mau.

Bantuan Facebook Marketing Objective

Akan ada 3 macam bantuan yang diberikan oleh facebook.

  • Awareness
  •  Consideration
  • Conversion

Consideration digunakan untuk menarik perhatian orang, ads ini akan membantu bila kamu punya website dengan cara membuat orang masuk ke website mu, membuat orang mengirimkan datanya ke kamu agar bisa kamu hubungi(Lead Generation), Bila kamu punya app kamu juga bisa menggunakan ads ini untuk mengajak orang menginstall app yang amu miliki.

Conversion, di sini kita bicara bisnis. Digunakan agar orang melakukan aksi dalam websitemu, app atau messenger. Ketika saya bilang aksi di sini maksud saya adalah pembelian produkmu. Hanya saja syaratnya lebih berat dari yang lain. Bila dalam website kamu harus bisa menggunakan facebook pixel. Catalog sales sedikit kompleks, kamu membuat katalog kecil dan akan di lakukan advertising di facebook. Saran saya lakukan hal ini pada barang best seller yang kamu miliki. Sedangkan store visit kamu hanya harus memberikan lokasi usahamu di page dan ads ini akan membuat orang untuk datang ke tempatmu.

Untuk usaha yang baru atau page yang baru kita akan lebih fokus ke awareness. Tujuannya apa, kita memberitahu bahwa ada usaha yang muncul dan kita membangun customer untuk bisnis kita dulu. Tanpa ada customer bagaimana bisnis kita tumbuh? bagaimana cara mencari customer kalau mereka tidak tahu kita ada? Itulah gunanya awareness.

Sisanya bisa kamu isikan sendiri seperti umur orang yang biasanya tertarik dengan produkmu atau usahamu, kamu ingin menampilkan ads ini di daerah mana saja, berapa budget/biaya yang kamu sediakan. Hanya saja ada beberapa tips yang harus saya berikan.

Pastikan jarum itu berada di tengah agar kamu tidak terlalu kewalahan. Jumlah orang yang mungkin tercapai adalah 420.000 orang dengan jumlah harian sekitar 9.500 hingga 21.000. Tahukah kamu berapa biayanya per hari?? Rp.50.000 dan kamu bisa menentukan sendiri biayanya. Bisa saja kamu set Rp. 100.000 untuk seminggu. Perhatikan tanggal karena bisa di set untuk harian, jangan sampai kamu set Rp.100.000 untuk setiap hari. Jangan sampai kamu kehabisan modal di awal bisnismu.

Call To Action Button

Terakhir adalah memilih bagaimana tampilan iklanmu di depan customermu nanti. Tentukan sendiri mana yang sesuai dengan keinginanmu. Kamu akan terbantu bila kamu sudah memiliki post di dalam page yang kamu miliki. Inilah sebabnya kalau bisa kamu sudah sering post sesuatu di page dan kamu memiliki setidaknya 100 follower. Setelah semuanya kamu isi jangan lupa untuk memberikan sebuah tombol call to action. Tombol yang digunakan agar customermu mengambil aksi dengan jelas.

Sesuaikan tombol call to actionmu dengan bisnismu. Bila kamu buka toko baru maka akan lebih baik memberikan “Get Directions” atau bila kamu sebuah jasa bisa memberikan button “Call Now”, Bisnis mu di bidang software mungkin bisa menggunakan “Contact Us” atau “Download”. Sesuaikan dengan keinginanmu karna tidak jarang bisa ada 2 button call to action yang kita inginkan. Facebook akan secara otomatis mencari profile user yang kamu berikan dan memunculkan iklanmu, meskipun orang itu bukan friend mu atau follower page mu. Sehingga ini cara yang sangat bagus untuk memperluas jangkauan bisnis yang kamu buat. Selamat mencoba

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.