Persiapan Sebelum Menjalankan Facebook Marketing

Sebelum membuat sebuah iklan di facebook yang berbayar, lebih baik melakukan persiapan yang matang. Karena bagaimanapun juga kita menggunakan uang untuk beriklan dan sangat ingin tiap rupiah yang kita keluarkan benar-benar bermanfaat. Bermanfaat untuk apa? untuk meningkatkan penjualan kita tentu saja.

Menemukan Pelanggan Baru melalui Facebook

Menemukan pelanggan baru di Facebook memiliki dasar yang sama.

  1. Membangun eksistensi
  2. Memperluas Jangkauan Jaringan
  3. Menjangkau dengan Tepat
  4. Mendapatkan Insight

Jadi kita mulai dari yang pertama yakni membangun sebuah eksistensi. Kalau kamu sudah memiliki akun facebook maka langsung masuk ke dalam akun tersebut.

Membangun Eksistensi di Facebook

Untuk membangun eksistensi di facebook caranya cukup mudah, buatlah page di facebook.

Kenapa harus membuat page?? Karena banyak fitur yang membantu, seperti harus menerima permohonan perteman(Friend Request), kemudian page memang ada untuk membantu bisnis kau. Kemudian terhindar dari pem-blok-an facebook messenger. Bila tidak percaya cobalah memberikan message yang banyak ke seluruh temanmu, maka kamu akan diblok oleh facebook. Bila kamu membalas sebagai Page, hal ini tidak akan terjadi.

Untuk membuat page, cek di halaman utama dan pilih seperti gambar berikut ini

Untitled
Membuat Page di Facebook

Klik tombol create akan muncul pilihan dan pilihlah page. Maka kamu akan dialihkan ke sebuah halaman seperti gambar berikut

Capture

Pilihlah business or brand. Setelah itu masukan foto untuk profile picture dan foto untuk Cover. Setelah semua foto dipilih maka langsung perhatikan pilihan menu yang ada di sebelah kiri.

Capture2Akan ada pilihan banyak di sini tapi yang kita fokuskan saat ini adalah mengisi about. Deskripsikan  bisnismu dengan baik di sini. Ikuti isian seperti find us, kemudian jam buka, info bisnis seperti misi yang dimiliki oleh bisnis mu, info kontak, website(bila memiliki) dan bila bisa no kontak yang digunakan untuk whatsapp. Kalau bisa pastikan no kontak yang kamu berikan adalah sebuah nomor yang aktif, sehingga customer yang menghubungi mu bisa dapat kamu balas dengan cepat atau coba dengan facebook messenger.

Kecepatan membalas sangat penting, jangan sampai kamu membalas terlalu lama. Kemudian bila kamu kawatir dengan jam aktif bisnismu maka unduhlah whatsapp business. Di sana kamu bisa memberikan pesan otomatis bila customer mengirimkan pesan di atas jam tutup usaha yang kamu miliki.

Selamat, kamu sudah siap untuk eksis di facebook.

Memulai Bisnis Eksis di Facebook.

Sebelum kita langsung dengan ads, saya mohon jangan buru-buru. Mulai invite teman-teman anda untuk memberikan like di page facebook anda.  Coba invite teman anda, bergabung dengan bisnis yang serupa dan minta mereka untuk like page yang baru kamu buat. Ini penting, jangan malu membagikan page yang kamu buat. Kalau kamu tidak percaya diri dengan melakukan hal ini lebih baik jangan menjalankan ads di facebook. Minimal ada 100 likes ke halamanmu. Coba buka insight, sebenarnya bila belum sekitar 100 likes maka data yang tampil akan sangat sedikit dan susah menyimpulkan sesuatu dari sana. Tapi kita kesampingkan dulu itu .

Dari sini cobalah membuat postingan yang menarik, beberapa foto produkmu, foto proses pembuatan atau packaging produkmu. Biar orang-orang yakin bahwa kamu adalah usaha yang benar-benar ada. Darimana melihatnya? dari Insight. Setelah memiliki 100 orang yang memberikan like pada pagemu maka kamu bisa melihat insight seperti gambar berikut.

Reach 2
Insight untuk melihat efektifitas post yang dilakukan

Kemudian jangan langsung mem-posting semua yang kamu miliki. Postinglah 1minggu 1 kali dan lihatlah berapa banyak orang yang memberikan like, dan memberikan komen di post yang kamu miliki. Dari sana kamu bisa melihat mana postingan yang menarik untuk customermu.

Satu respons untuk “Persiapan Sebelum Menjalankan Facebook Marketing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.