E-Business

Kuliah sistem informasi bisnis dengan jurusan e-business bisa nya ngapain sih? E-business berguna untuk menggunakan teknologi dalam mendukung sebuah bisnis. Dukungan yang dilakukan e-business ini mengubah banyak hal seperti biaya pengeluaran. Banyak biaya pengeluaran yang harus kamu keluarkan saat membuka sebuah bisnis seperti beli/sewa toko, bayar biaya pegawai, biaya listrik dan bayar pajak. Tetapi dengan dukungan e-business semua itu bisa dikurangi dengan sangat banyak. Kemudian dukungan berikutnya dalam melakukan pengembangan bisnis. Saat mengembangkan bisnis maka akan menemukan masalah yang sama lagi, mencari tempat, bayar pegawai, pajak dan banyak hal lainnya. Dengan e-business, maka semua yang mengembangkan bisnis dapat dilakukan dari balik sebuah meja dan komputer.

E-Business belajar apa sih?

KompikSIB1

E-business mempelajari dunia teknologi, dunia bisnis dan cara paling efisien mengintegrasikan kedua dunia tersebut. Hal ini diperlukan karena dunia kita berubah seiring dengan berkembangnya teknologi dan banyak orang yang tidak bisa melihat peluang bisnis dalam dunia teknologi. Kebalikannya juga terjadi, banyak orang yang menggunakan teknologi tetapi tidak bisa memanfaatkan untuk keperluan bisnis dengan maksimal. E-business di SIB STTS memberikan kuliah dasar dalam bisnis dan teknologi. Pada pertengahan semester kuliah akan diarahkan ke integrasi dari dunia bisnis dan dunia teknologi. Pada semester akhir perkuliahan lebih diarahkan cara memperkuat dan meningkatkan e-business.

KompikSIB2Banyak dari mahasiswa SIB STTS dalam major e-Business membuka usaha sendiri dan mereka memiliki pengertian bagaimana cara membangun bisnis berbasis teknologi dengan modal sangat minim serta penekanan pengeluaran yang terjadi. Kemudian membuat bisnis orang tua menjadi lebih efektif dan efisien. Kelihatannya mudah dikatakan akan tetapi saat dipraktekan akan menemui kesusahan.

Inilah guna dari mata kuliah dasar pada SIB STTS. Setiap mahasiswa akan menerima kuliah dasar untuk menjadi seseorang yang bisa melihat dengan lebih efisien. Tentu saja ini menjadi sebuah kontroversi bagi orang-orang yang tidak mengerti sebuah teknologi. Sering ada sebuah berita bahwa pelaku e-business di samakan dengan seseorang yang main dukun.

KompikSIB3

Karena mereka bisa mendapatkan uang tanpa membuka sebuah toko. Tentu saja orang-orang melihat hal ini adalah sesuatu yang mencurigakan bagi orang yang tidak mengerti teknologi. Tetapi secara dunia bisnis, kamu harus menghabiskan biaya banyak untuk memelihara sebuah toko, kamu bayar pajak, bayar pegawai, masih harus repot-repot buka tutup toko, bayar listrik dan masih banyak lainnya. Mengapa tidak jual saja tokonya? Sebagai tambahan modal dan maksimalkan usahamu serta mengurangi pengeluaran yang terjadi dengan memiliki toko fisik.

Hal ini sering terjadi, banyak sekali lulusan SIB STTS yang sering di salah mengerti. Mereka sukses dalm e-business, menjual toko mereka yang menjadi beban dan mulai berbisnis di rumah mereka. Kemudian bisnis mereka berkembang dan menjadikan rumah mereka sebagai gudang. Tentu saja rumah yang kecil tidak bisa dijadikan gudang sehingga mulailah pembangunan rumah. Banyak barang yang dibeli untuk mendukung e-business dan juga membelikan barang untuk kebahagiaan orang tua mereka.

KompikSIB4

Tidak hanya lulusan SIB STTS, pada saat e-business mulai berkembang banyak berita yang memuat sebuah usaha dibekuk karena tiba-tiba menghasilkan uang secara “mistis”. Seperti gameloft yang digrebek oleh polisi karena dikira tempat judi hingga beritanya masuk ke koran kompas. Bahkan juga ada e-businessman yang juga ditangkap karena dikira memelihara sebuah tuyul.

7

Banyak dari mereka yang dipolisikan karena e-business adalah sesuatu yang asing pada saat itu sehingga perlu dijelaskan kepada semua kalangan masyarakat mengenai e-business. Tetapi sekarang e-business adalah sesuatu yang sedang berkembang dan bahkan negara pun memberikan perlindungan terhadap pelaku e-business yang ada. Tentu saja peluang e-business masih sangat besar hingga sekarang dan potensi dari e-business juga sangat besar. Persaingan dalam dunia e-business sangat ketat. Untuk itulah mahasiswa semester akhir SIB STTS dengan jurusan e-business diperlengkapi dengan kemampuan untuk menjadi unggul dalam e-business dan kemampuan untuk mengembangkan e-business.

Jadi tunggu apa lagi? Buruan daftar di SIB STTS.

 

 

 

 

Art By : Deviana Sutanto

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.