Analisa Desain Sistem : Alternative Design Strategy

     Ketika seseorang menginginkan sebuah sistem informasi maka, kamu pasti akan membuatkan sebuah design dan berbentuk dalam Baseline Project Plan. Kamu bawa dengan ceria dan berikan pada customer. Kamu perhatikan wajah customer, wajahnya berbeda dengan saat ia bertemu kamu. Ada beberapa alasan, tetapi menurut saya alasan paling utama yang membuat customer mu cemberut adalah harga yang kamu berikan. Tapi ingat kamu butuh harga tersebut untuk membiayai anak buah mu dan biaya operasionalmu. Sehingga sebenarnya sangat baik bagimu untuk ke tempat klien dengan 3 Baseline Project Plan dengan sistem yang berbagai macam range harga.

   3 baseline project plan ini setidaknya memberikan client alternative. Misalkan alternative Low-End yang memberikan semua fungsi minimal yang diminta oleh sistem. Kedua, alternative High-End adalah alternative yang memberikan jawaban dari masalah yang ada dan memebrikan fitur yang diinginkan oleh user. Ketiga, alternative midrange sebuah alternative yang ada di antara high-end dan low-end. Karena itu kamu harus bisa membedakan mana kebutuhan yang harus ada dan mana keinginan user. Selain itu Baseline ini harus memerhatikan juga mengenai waktu, keuangan, bagian dari sistem saat ini yang tidak bisa diubah, legalitas dan masalah yang mungkin muncul.

arts build close up commerce

Off-the-Shelf Software

Tapi kalau kamu memiliki usaha daripada kamu membuat software melalui software house kamu bisa menggunakan yang namanya off-the-shelf software. Software yang didapat dari subscription atau sudah sangat komersil dan kamu tinggal beli dan implementasi. Tapi memilihnya juga tidak semudah itu, karena kamu beli maka software ini tidak dapat sangat spesifik sesuai dengan kriteria yang kamu mau. Kamu juga mesti memikirkan biaya, fungsionalitas, support dari vendor dan seberapa sukses pekerjaan vendor tersebut, termasuk fleksibilitas, dokumentasi software, kecepatan response dan kemudahan instalasi.

Biaya akan membuat sendiri, dan membeli tentu akan sangat berbeda karena fungsionalitas yang diberikan harus dipertanyakan. Pertanyaan-pertanyaan seperti apakah fungsi A dan B perlu atau tidak, dan mana saja fungsi-fungsi yang kita inginkan? Selain itu bagaimana dengan dukungan vendor? apakah ada cara instalasi dan training yang diberikan? dan seberapa sukses vendor ini?

Isu Hardware dan Software

green motherboard

Isu kesesuaian hardware dan software tentu tidak bisa lepas juga. Pertama kalau software-software baru akan menuntut sebuah komputer yang lebih baik daripada 7 tahun yang lalu dan beberapa platform OS juga sudah tidak ada. Sehingga berhati-hatilah dalam memilih software. Masalah berikutnya adalah bila kamu memerlukan komputer baru dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Spesifikasi yang lebih tinggi akan datang dengan biaya yang lebih tinggi. Setelah kamu beli komputer baru untuk software yang baru, apakah software lamamu bisa terintegrasi dengan software baru? seringkali jawabannya adalah tidak. Sehingga berhati-hatilah dalam mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah hardware ini.

Isu Implementasi

Kamu harus memberitahukan bahwa melakukan implementasi juga tidak akan mudah sehingga sangat perlu diskusi antara kamu dengan client/customer mu. Karena kamu pasti akan memberikan training. Training ini akan mennyita waktu mereka dan kemudian pada saat training selesai maka perlu waktu untuk menyesuaikan dengan program yang baru dan saya dapat memastikan pekerjaan mereka akan terganggu. Sehingga perlu strategi untuk melakukan implementasi seperti hanya memberikan training pada 1 orang saja dan orang itu akan mentraining kawan-kawannya atau dimplementasikan sebagian terlebih dahulu sehingga gangguan yang terjadi sangat minim.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.