Analisa Desain Sistem : Conceptual Data Modeling

     Conceptual Data Modelling adalah sebuah model untuk menggambarkan data yang akan disimpan oleh perusahaan selain itu kita juga dapat melihat hubungan antar data di dalam conceptual data model ini. Terdiri dari 2 bagian utama relasi yakni hubungan antar data dan entity di representasikan sebagai tabel untuk data yang akan disimpan.

Entity Relationship Diagram

     Entity cukup digambarkan dengan kotak sedangkan yang relationship hmm…. sedikit susah dijelaskan tapi cobalah diikuti. Relationship ada 3 macam one-to-one, one-to-many dan many-to-many lalu ditambah yang namanya mandatory yang di dalam gambar artinya harus ada minimal 1 data yang terhubung. Seperti One-to-Many dan mandatory berada pada sisi many. Berikut penggambaran dalam notasinya

one to many mandatory
One to Many Mandatory

    Anggaplah kita mempunyai data A di sisi One dan data B di sisi many maka dapat disimpulkan bahwa 1 Data A akan terhubung dengan banyak data B dan minimal 1. Bila tidak diberi mandatory maka 1 data A bisa terhubung dengan banyak data B dan minimal tidak ada data yang terhubung atau 0.  Sehingga gambar akan berubah menjadi

one to many.jpg
One to Many non Mandatory

    Perhatikan relationship 1 di dekat table B ada perubahan bukan. Seperti itulah perubahan bila dari mandatory menjadi non mandatory. Hal yang sama juga terjadi pada saat one-to-one dan many-to-many. Lalu ada tulisan ID, Name, Qty dan Length, tulisan-tulisan ini disebut atribut. Di dalam gambar ada tulisan <undefined> hal ini dikarenakan saya tidak memberikan tipe data untuk atribut yang ada di sana. Tipe data ada beberapa macam untuk bentuk data huruf dan bentuk data angka serta angka desimal.

Untuk membuat CDM atau ERD maka kamu perlu melakukan yang namanya fact finding, pendekatannya bisa bottom up dan top down.

Sekali lagi tujuannya adalah mencatat data yang digunakan perusahaan sebanyak mungkin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.