Sebuah Pekerjaan yang Baik

     Pekerjaan yang baik itu seperti apa? Banyak orang yang mengatakan bahwa pekerjaan baik adalah sebuah pekerjaan yang menghasilkan uang dengan sangat banyak atau sebuah pekerjaan yang membuat kamu bisa sangat dipandang, tentu saja yang amat sangat baik adalah yang mendapatkan uang banyak dan dipandang oleh banyak orang.

Pekerjaan yang Baik Bikin Saya Kaya dan Dipandang?

      Apakah anda setuju dengan paragraf pertama saya? Kita semua terjebak dengan sudut pandang bahwa sesuatu yang baik itu menghasilkan banyak uang dan membuat harga diri mu naik. Sehingga lupa dengan yang namanya menjalani hidup. Menjadi kaya dengan harta berlimpah itu boleh, yang jadi pertanyaan saya seberapa kaya? Menjadi orang terpandang itu boleh-boleh saja, tidak ada yang melarang. Pertanyaan saya terpandang seperti apa?

pexels-photo-972995.jpeg

     Pekerjaan yang baik yang bikin kamu kaya, akhirnya kamu bekerja di dalam sebuah perusahaan yang menggaji kamu sesuai dengan keinginan mu, tapi apa yang terjadi kamu sibuk mengumpulkan uang sampai lupa menjalani hidup dengan bahagia. Kamu dipandang oleh orang-orang terkenal tapi tidak ada sedikitpun orang yang akrab dengan kamu, yang bisa kamu panggil sahabat sejati.

      Tetapi sekali lagi ini adalah pemikiran yang wajar. Seorang tukang kebun ingin anaknya memperoleh pekerjaan yang baik dan tidak ingin bekerja di kebun seperti orang tuanya. Wajar bukan? Tukang kebun ini ingin anaknya menjadi dokter, insinyur atau apapun selama itu bukan pekerjaan kasar seperti orang tuanya. Mereka ingin anaknya memperoleh kehidupan lebih baik.

Pekerjaan yang Baik Itu Seperti Apa?

       Menjadi seorang yang bekerja di kantor dan mendesain gedung-gedung bagus adalah sebuah pekerjaan yang baik, mengapa karena tidak melakukan sebuah hal yang dipandang sebagai pekerjaan kasar. Desainer gedung tidak ikut membangun gedung tersebut. Tangannya halus berbeda seperti tukang yang membangun gedung tersebut. Apakah benar seperti itu?

pexels-photo-450271.jpeg      Menurut saya pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang dilakukan dengan senang hati. Kalau kamu menjadi desainer, meski orang-orang memuji karyamu, meski mereka memandang kamu dengan amat sangat luar biasa fantastis. Bila kamu tidak melakukan dengan senang hati, saya jamin bahwa yang ada dalam hatimu adalah kekosongan. Kamu tidak peduli apapun perkataan mereka selama kamu dibayar, dan akan tumbuh dalam hatimu sebuah bisikan bahwa orang-orang di dekatmu mendekatimu karena kamu orang terpandang dan kamu memiliki banyak uang.

clasped-hands-comfort-hands-people-45842.jpeg     Kedua, Pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang dilakukan dengan sukarela. Orang yang bekerja dengan sukarela seringkali tidak mendapat bayaran yang setimpal. Lalu kenapa dilakukan? Orang-orang yang bekerja dengan sukarela ini pasti gila. Tapi mereka tidak gila dan mereka adalah orang-orang yang melakukan pekerjaan mereka dengan baik. bekerja sukarela bukan bekerja asal-asalan melainkan bekerja sebaik mungkin dan tahu konsekuensi dari pekerjaan tersebut. Upah yang diperoleh bisa jadi hanya “Terima Kasih” Tapi lihat orang yang memperoleh upah terima kasih setelah mereka bekerja dengan sukarela, perhatikan semua orang itu. Bukankah senyum mereka lebar sekali bahkan lebih lebar dari orang-orang yang memiliki uang?

       Terakhir dari saya, pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang dilakukan dengan sepenuh hati. Saya melihat banyak orang menjadi guru, karena mereka bilang bahwa ini adalah pekerjaan yang mudah, hanya ngomel di depan kelas setelah itu dibayar. APa yang terjadi dengan kelas orang ini? dari tahun ke tahun materi yang dia bawakan akan tetap sama, sedangkan ilmu pengetahuan hampir semua selalu berkembang. Beda dengan seorang guru yang melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati. Ia akan memikirkan apakah semua siswanya mengerti, bagaimana cara dia mengajar apakah sudah cukup baik, bagaimana cara mengembangkan potensi dari siswanya.

     Repotnya dari pekerjaan-pekerjaan baik ini adalah upahnya belum tentu langsung terasa. Biarkan saya bercerita sedikit tentang seorang guru demi mendapatkan maksud saya.

Pekerjaan yang Baik Memiliki Upah yang Sangat Berharga

       Ada seseorang yang baru lulus kuliah dan dia ingin sekali membuat sebuah lab untuk meningkatkan minat seluruh siswa dalam bidang sains, ia ingin agar siswanya dapat belajar dengan baik dan memiliki pilihan dalam masa depan mereka selain menjadi tentara. Mengapa? karena untuk masuk universitas kamu memerlukan latar belakang sains yang baik. Ia pergi ke beberapa sekolah dan ia ditolak hingga suatu hari ada kepala sekolah yang datang kepadanya dan mengatakan “aku akan memberikan padamu lab yang kamu inginkan, mengajarlah di sekolahku”.

pexels-photo-248152.jpeg

      Ia akhirnya memutuskan mengajar, dan hari pertama sangat penuh dengan ketegangan. Ia mengajar di depan kelas lalu melihat bahwa pandangan mata mereka kosong. Besoknya ia berpikir bagaimana cara agar anak-anak ini senang belajar sains, dan mulailah kelas dalam lab. Peralatan sains lab membuat anak-anak ini mengatakan “Wow” ia mengajar dan semua anak-anak terlihat senang dan memperhatikan. Hal itu tidak bertahan lama, karena setelah kekaguman itu selesai mulai terdengar suara penggaris yang saling memukul seperti pedang.

cellular-education-classroom-159844.jpeg      Minggu berikutnya tidak ada cara yang berhasil sehingga ia memutuskan untuk pergi ke kepala sekolah dan meminta ijin ke sebuah situs konstruksi dan kantor telekomunikasi, mengamati dan mengambil beberapa foto untuk mengajarkan fisika kepada mereka. Banyak ide yang muncul bahkan rencana untuk kelas kimia pun telah dipersiapkan. Kepala sekolah mengijinkan dengan syarat hal ini tidak memicu kekacauan. Esoknya kelas ini berjalan keluar sekolah dengan setiap anak membuat muka aneh dan melambai kepada kelas yang mereka lewati. Saat itu musim dingin dan setiap anak menggunakan jas mereka. Begitu mereka keluar terjadilah perang bola salju sehingga tidak pernah ada pelajaran keluar kelas lagi.

      Guru ini mencoba berbagai macam cara lainnya agar mereka tertarik dengan sains. Saat ujian tiba ia menjadi patah semangat, dikarenakan beberapa lembar ujian kosong dan hanya ditulis nama. Setelah kelas selesai ia meminta ijin pada kepala sekolah untuk berhenti, ia merasa gagal dalam mendidik anak-anak ini, ia patah semangat. Kepala sekolah melarang dan menyuruhnya mencoba lagi. Setelah 2 tahun, saat guru ini menjual tiket untuk acara sekolah. Tiba-tiba datanglah seorang tentara dengan sigap menghampiri dia. Tentara itu berkata “Pak, apakah engkau ingat saya?”, Guru itu melihat sekilas dan ia langsung teringat dan berkata “Aku ingat setiap anak dari kelasmu jim”. Tentara itu kemudian mengatakan “Apakah anda tahu bahwa andalah guru favorit kami?”. Guru ini kaget dan berkata “Bagaimana bisa? aku merasa tidak mengajari kalian apapun dan aku hampir berhenti mengajar karena merasa mengecewakan kalian. Bagaimana kamu bisa mengatakan hal itu?”

pexels-photo-894638.jpeg

      Tentara itu menjawab “Tapi pak, kamulah satu-satunya guru yang peduli untuk terus berusaha dengan kami dan kamu tidak pernah menyerah”. Sang guru pun menangis tidak terkontrol.(Cerita oleh Larry L Leathers)

Selama kamu melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati, tidak ada pekerjaan yang sia-sia.

Iklan

2 respons untuk ‘Sebuah Pekerjaan yang Baik

    1. Menurut saya pekerjaan yang baik adalah pekerjaan yang dilakukan dengan senang hati. Meski kk tidak suka sama pekerjaan yang suka ortu, tidak apa kk. selama kk ikut senang waktu liat orang tua senang

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s