Sistem Informasi Jasa (Service) : Aturan-Aturan Dalam Menjalankan Sistem Informasi Jasa Part 2

     Sebelumnya kita telah membahas mengenai golden rule dan sebagian dari silver rule yang harus kamu pegang teguh. Aturan-aturan itu membantu kamu agar jasa apapun yang kamu usahakan menjadi lebih baik. Tetapi tentu saja aturan-aturan ini adalah untuk menjalankan jasa bukan untuk memarketingkan.

Silver Rule No 4 : Hire The Best Talent

     Kalau kamu tidak tahu mengenai penyimpanan makanan dan memasak makanan yang maka janganlah memaksakan diri, sewalah koki yang baik yang mampu mengajari anak buahmu yang lain memasak makanan yang enak. Memang biasanya orang yang ber-talenta sangat baik ini sangat sulit untuk dihadapi. Mereka baik dalam sebuah hal tapi sangat susah untuk diatur.

pexels-photo-280121.jpeg

      Kesusahan diatur tersebut biasanya datang dengan sebuah ide yang menarik. Selama customer mu puas dengan hal tersebut, ada baiknya kamu menutup mata sedikit. Orang-orang seperti ini kadang tidak cocok sebagai seorang manager. Kita lihat sisi satunya ketika seseorang menjadi manager, mereka biasanya aman dengan posisi mereka dan akan melakukan hal-hal yang mana saja. Termasuk mengikuti aturan dengan keras, yang terkadang membuat customer mu tidak senang.

       Tugasmu nanti cukup berat, karena kamu berada tengah mendamaikan orang-orang yang susah diatur dan yang hanya mau mengatur.

Silver Rule No 5 : Say Thank You and Well-done. Money is not everything

     Ketika kamu mempunyai visi yang jelas dalam perusahaan, tujuan yang telah disetujui juga oleh para karyawan, banyak dari orang mu yang sangat termotivasi dari diri mereka sendiri. Semangat itu dari diri mereka dan kamu bahkan tidak perlu bersusah payah untuk meningkatkan motivasi tersebut.

       Sering kita berpikir, “kenapa mereka(anak buah) tidak semangat? apa yang terjadi? Apakah bayaran mereka kurang?” Stop pemikiran tersebut. Bedasarkan kenyataan euforia dari bayaran yang naik hanya berlangsung 1 minggu dan paling lama 2 minggu. Kemudia mereka akan berpikir “Bahwa memang itu yang harusnya diberikan perusahaan”. Tanyalah pada mereka apa yang membuat mereka senang bekerja di perusahaan. Seringkali jawabannya adalah karena suasananya, rekan kerja nya, penghargaan yang diberikan dan sangat sedikit sekali yang mengatakan bayarannya.

pexels-photo-962337.png

     Oleh karena itu aturan buatlah suasana kerja yang menyenangkan, bila anak buah mu memenuhi target rayakan kecil-kecilan dengan mereka. Ucapkan terima kasih karena kerja keras mereka. Sempatkan waktumu untuk memberikan penghargaan kepada karyawan-karyawan mu dan saya akan beri jaminan bahwa itu adalah invsetasi di waktumu yang sangat berharga.

 

Silver Rule No 6 : Berdirilah dan Biarkan Dirimu Dihitung

16451criticizing     Kesulitan yang kita miliki adalah harga diri yang tinggi. Apabila melakukan kesalahan maka kita biasanya sangat malu dan tidak mengakui kesalahan tersebut dan juga akan mencoba melimpahkan kesalahan tersebut pada orang lain.

    Realitislah dalam sebuah organisasi kadang kita berbuat salah, bertanggung-jawablah. Hal yang menghancurkan sebuah kepercayaan adalah kamu melakukan kesalahan dan mencoba menyalahkan orang lain. Pemimpin yang baik adalah seseorang yang bisa mereka percaya dan yang berjuang untuk anak buah mereka, bisa di andalkan dan mendukung dalam keadaan sulit. Saya melihat bahwa pemimpin itu ada 2 macam, yang haus akan kekuasaan dan yang makin melayani tapi itu akan menjadi topik di lain waktu.

    Jangan biarkan kepercayaan yang kamu bangun hancur dengan begitu mudahnya, hanya karena sebuah kejadian.

Silver Rule No 7 : Jangan Duduk Saja, Berpihak Netral itu Negatif

     Jangan hanya duduk saja. Akan ada wkatu di mana anak buahmu akan kebingungan dan mereka akan berharap kamu memberikan keputusan. Jangan cuma bisa menunda keputusan dan berharap waktu yang menjawab. Apalagi saat sebuah rapat dijalankan.

pexels-photo-416405.jpeg

     Seorang pemimpin yang baik, mendengarkan saran dan pendapat, mengumpulkan fakta dan data kemudian baru mengambil keputusan. Pegawai lebih senang bekerja pada orang yang salah dalam mengambil keputusan daripada kepada orang yang tidak pernah mengambil keputusan. Tetapi di saat yang sama, tutup matalah sedikit bila pegawaimu melakukan kesalahan. Jika kamu menjalankan bisnis di mana pegawaimu takut melakukan kesalahan, maka mereka tidak akan mengambil keputusan. Mereka mungkin juga tidak akan memberikan saran yang berguna dan menguntungkan. Jangka panjang juga akan membuat customer mu frustasi.

     Aturan-aturan ini adalah agar jasa yang kamu jalankan bisa meningkat dengan baik, bukan memastikan kesuksesanmu. Masih banyak hal yang harus kamu lakukan untuk sukses, seperti marketing dan banyak hal lainnya. Tapi sebelum itu perkuatlah kekuatan dari pondasi perusahaan mu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s