Sistem Informasi Jasa (Services) : Bentuk Sistem Informasi Dalam Jasa

     Bentuk Sistem informasi dalam jasa seperti apa sih? Orang sistem informasi menggunakan data yang banyak dan mengolahnya menjadi informasi yang berguna. Tapi kalau dalam jasa bentuknya seperti apa?

Bentuk Sistem Informasi dalam Bidang Jasa

      Pertama, untuk melihat bentuk sistem informasi dalam jasa ini, kamu harus tahu tujuan utama sistem informasi ini untuk apa. Tentu saja untuk informasi! Ok, itu tidak salah. Informasi seperti apa? Misal dalam hotel, Apakah kamu ingin Customer mu  tahu informasi kamarmu yang kosong?

services

       Maka Sistem informasi tersebut harus berhadapan dengan customer yang jauh dari hotelmu dan juga customer yang datang ke hotelmu. Customer yang jauh akan memesan kamar dan customer yang datang juga akan memesan kamar, kamu harus membuat sistem informasi yang menyatakan bahwa kamar tersebut sudah dipesan. Inilah bentuk sistem informasi dalam jasa. Bisa jadi mempunyai bentuk yang lebih sederhana seperti penjadwalan yang dilakukan oleh imigrasi surabaya dalam apps antrian. Tujuannya adalah agar antrian dalam membuat passport lebih tertib, tanpa calo, tanpa antri lama.

       Kedua, Buatlah semua menjadi simpel dan berikan per langkah. Tidak masalah bila langkah yang dimiliki panjang, jangan berikan hanya 1 langkah saja. Berikan banyak langkah akan tetapi customer mengerti. JADILAH CUSTOMER.

simplicity-equals-sanity

      AirBnB adalah sebuah apps untuk bidang jasa yang melihat kebutuhan dari customer mereka. Bagaimana apps ini bisa begitu laku? Karena penemu app ini Joe Gebbia, merasakan pengalaman membutuhan jasa tyang sekarang ini ia bangun. Ia tidak bisa membayar sewa apartemen dan mencari tempat tinggal yang murah di kota besar adalah sesuatu yang mustahil dan ia juga memiliki tempat yang ia bisa sewakan. Sehingga akhirnya muncullah AirBnB. Apakah langsung muncul jawabannya tidak, ada proses yang harus kamu lalui.

        Bayangkan kamu sebagai customer mau menggunakan sebuah jasa, apa yang kamu harapkan pertama kali sebelum datamu diambil oleh web/aplikasi  yang kamu pakai? Dalam aplikasi tour dan travel saya berharap bisa memilih tujuan dan melihat foto-foto yang ada untuk memastikan saya ingin ikut tour tersebut. Apakah saya melihat web tersebut dan menrima pilihan tour terlebih dahulu? atau saya harus mendaftar dahulu?

Customer Journey Map.

Print

        Sekarang saya tanya, kamu ingin pergi liburan. Saat ingin pergi liburan apa yang kamu lakukan? Apakah kamu ingin ide liburan ke mana? Jika iya, maka apakah kamu ingin melihat tujuan liburan serta foto-foto yang ada? Atau kamu ingin dibantu menentukan liburan seperti apa yang kamu mau? penuh petualangan? liburan untuk bersantai? atau untuk menikmati kuliner yang ada? atau liburan sesuai dengan budget yang kamu miliki? Setelah semua ini terjawab baru kita mulai urus masalah pendaftaran, jumlah orang dan cara membayar. Inilah sebuah bentuk customer journey map. Kamu harus memposisikan dirimu sebagai customer.

from_my_point_of_view_king_681795

        Atau kita lihat sisi satunya, kamu harus mendaftar dahulu(Pergi juga belum tentu), kamu memilih tujuan negara(sedangkan kamu belum tahu harus ke mana), Lalu kamu masukan jumlah orang yang akan pergi. Akhirnya apa? kamu merasa mau liburan saja kok repot. Lebih baik tidak usah. Bagi customer ini terlalu ribet. Bila kamu orang sistem informasi maka kamu akan tahu bahwa semua itu penting. Tapi dalam jasa kamu harus melayani customer mu terlebih dahulu.

     Referensi yang saya gunakan adalah sebuah travel yang cukup baik disebut enchanting travel. Referensi lainnya bisa dari blue bottle, nextdoor.

      Sekarang sebagai latihan coba bayangkan kamu ingin sebuah jasa untuk membeli sebuah rumah, kira-kira bagaimana journey yang harus dilakukan oleh customer.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.