CRM : Alasan Customer(Individu) Mau Berelasi

Untuk memberi alasan agar customer mu mau berelasi itu cukup mudah, ada beberapa alasan mengapa mereka mau berelasi dan dalam hidup mungkin itu juga alasan kamu berelasi dengan toko-toko tertentu.

1.Pengakuan

braggart1024xx467-264-0-6

Percaya atau tidak kamu akan lebih senang bila disapa oleh penjaga toko duluan, dan mereka menanyakan kabarmu apalagi bila ada teman-temanmu di sekitar. Lalu kamu diberi perlakuan khusus karena kamu adalah pelanggan tetap.

 

2. Personalization

Produk atau jasa kamu berikan secara berbeda, semisal kamu tahu customer ini sangat suka keju d atas pizzanya. Maka kamu buatkan pizzanya otomatis dengan ekstra keju. Sebaliknya bila customer ini menginginkan di makanannya tidak ada sayur maka saat keluar kamu dapat mengganti sayur itu dengan yang lain. cold_drinks_by_breadloaf

Hal sesederhana yang saya tulis di atas memang tidak terlihat begitu besar. Akan tetapi membat customer lebih puas karena memperoleh apa yang dia inginkan.

3. Power

8227449Tentu saja setelah mendapat apa yang mereka mau maka mereka akan merasa memiliki power dan mereka merasa diperlakukan baik olehmu. Efeknya adalah mereka akan menggunakan power itu setiap kembali ke tempatmu. Kamu mungkin akan merasa sebal tetapi ingat dia akan kembali untuk menggunakan power tersebut. Ketika dia kembali sudah pasti akan ada penjualan yang kita lakukan dan win-win solution akhirnya terjadi.

4. Reducing Risk

Alasan berikutnya mereka mau berelasi adalah untuk mengurangi resiko. Ada barang limited edition dan customer merasa bahwa sudah pasti tidak bisa membeli barang tersebut karena pada jam itu customer tersebut sedang bekerja. Lalu mulailah dia melihat pegawaimu, ia memohon kepada pegawaimu agar dia bisa titip barang limited edition itu agar tidak kehabisan. Sebagai perencana CRM apa yang akan kamu lakukan? Apapun itu, kita lihat bahwa customer ini mencoba berelasi dengan pegawaimu untuk mengurangi bahkan menghilangkan resiko kehabisan.

5. Status

Kartu kredit menurut saya adalah barang yang berbahaya, ketika pendapatan tidak cukup dan orang ini ingin membeli sesuatu maka dia tinggal menggunakan kartu kredit. Alasan ini membuat seseorang membuat kartu kredit. Lalu yang semula makan di depot kecil tiba-tiba makan di hotel bintang 5.

barbara-kruger-untitled-i-shop-therefore-i-am-1987

6. Afiliation

Alasan terakhir adalah hanya sekedar ingin mengenal. Kenapa? karena mereka ingin mengetahui cara pemakaian sebuah produk atau mereka butuh tempat untuk berbicara saja.

Tentu saja ada faktor-faktor yang menyebabkan customer mu tidak ingin berelasi dengan mu lebih dalam lagi.

no_trust___no_relationship_by_xblitzprotocol-d5563qj

1.Takut

Customer takut akan produk atau jasamu. Mereka takut apabila mereka berelasi denganmu mereka takut diganggu dengan promosi yang kamu berikan, mereka takut akan ada biaya tambahan atau bahkan takut dengan desas-desus yang diakibatkan masyarakat.

2. Kurangnya Pengetahuan

zgfmyybg-1371082658Kurangnya pengetahuan ini membuat mereka ragu dengan produkmu. Misalkan apakah produkmu aman untuk bayi? apakah produkmu halal? tersertifikasi? Atau mereka tidak tahu baik produk dan jasamu sehingga dipandang tidak akan membantu dalam menyelesaikan masalah

3. Kurangnya kepercayaan

Kepercayaan adalah sesuatu yang dibangun dan bukan sesuatu yang dipaksakan sehingga saat kamu merasa customermu belum percaya dengan mu maka jangan memaksakan produk atau jasamu lebih lanjut. Ke mana kamu akan mempercayakan tabunganmu? BCA bank berskala nasional? atau BNI bank yang dimiliki oleh pemerintah?

4. Kebudayaan yang Berbeda

McDonald pernah memiliki kasus di mana mereka tidak menjual 1 produkpun. Mereka bingung mengapa hal ini dapat terjadi? biasanya mereka tidak ada masalah dengan membangun relasi di masyarakat sekitar. Tapi hanya 1 ini saja mereka tidak berhasil. Kenyataannya mereka lupa bahwa mereka berada pada negara dengan kebudayaan yang menganggap sapi adalah hewan suci. Sehingga memakan daging sapi adalah dosa bagi mereka. Akhirnya Mcdonald menggunakan daging kambing dan selesailah masalah yang dia hadapi.

5. Perubahan teknologi yang cepat

Dengan perubahan teknologi yang cepat kadang customer memiliki sebuah rasa malas untuk berelasi dengan perusahaan. Mereka tidak mau terikat. Mereka ingin bebas dan teknologi mendukung hal ini. Misalkan Uber, Grab dan Gojek. Sebelum ada ketiga apikasi ini maka taksi dan angkutan umum adalah rajanya. Kedua pihak ini merasa bahwa customer mereka tidak bisa lepas. Hal ini terbukti salah dengan munculnya ketiga aplikasi taksi online.

evolution-phone

Alasan-alasan ini bukanlah sesuatu yang paten/permanen. Setiap orang bisa memiliki alasan khusus seperti kekecewaan atau kenangan buruk akan sebuah produk. Jika itu terjadi maka kita bisa menyesuaikan strategi kita

Tetapi dari semua ini alasan utama mengapa Customer mau berelasi adalah karena

lebih efisien dalam melakukan Bisnis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s