CRM : Alasan Customer(Perusahaan) Mau Berelasi

Customer mempunyai banyak alasan untuk berelasi dan alasan untuk tidak mau berelasi, tetapi customer kamu ini mesti dilihat. Dilihat dalam bentuk apa? Apakah mereka customer individu/personal atau customer yang mewakili perusahaan. Mereka mempunyai alasan yang berbeda-beda.

Alasan Customer(Perusahaan) Mau Berelasi

1. Produk yang Komplek

Anggaplah saya mau membangun tempat parkir, lalu saya menyewa alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun tempat parkir. Kemudian muncullah kebingungan. Hei, jangan salahkan saya. Saya tidak pernah memakai alat-alat ini dan merawat alat-alat ini. Jadi saya putuskan saja, saya akan menyewa alat serta tenaga kerja dari perusahaan parkir tersebut.

eba2f05d6c3f41f347f00377a6921e9c

2. Strategi Signifikansi Produk

trusted-website

Saya membangun sebuah usaha, tapi tidak ada customer yang mau berelasi karena mereka takut dengan standart yang saya miliki. Maka saya bekerja sama dengan sebuah perusahaan yang memiliki standart tinggi dan meminta mereka untuk melakukan assesment terhadap standart saya. Hal ini membantu untuk menaikan citra perusahaan di mata masyarakat. Sehingga mereka merasa percaya. Contoh lain adalah produk baru dan sudah terjual di Supermarket, hal ini lebih memudahkan kamu daripada kamu menjual sendiri karena supermarket tersebut telah memperoleh kepercayaan orang.

3. Kebutuhan akan Jasa

Sama seperti no 1. Saya tidak menguasai sebuah produk dan saya tidak tahu cara memperbaikinya sehingga lebih baik bekerja sama dan saya tidak perlu lagi memikirkan kalau rusak bagaimana, saya tinggal telpon dan mereka akan datang untuk membenarkan barang tersebut. Contoh nya database Oracle.

4. Resiko Finansial

financial-risk-15660650Perusahaan kadang sangat takut terjadi sesuatu dengan aset mereka sehingga mereka mau bekerja sama untuk mengurangi resiko-resiko kehancuran finansial. Misalkan asuransi. Apabila terjadi gempa bumi dan bangunan mereka hancur maka membangun bangunan baru akan membolongi dompet dengan cukup besar. Coba baca cerita 9/11 attack mengenai larry silverstein.

 

5. Timbal Balik

Tentu saja alasan paling dasar adalah memperoleh timbal balik yang sesuai. Misalkan Kamu membantu saya dengan menjualkan barang saya di tokomu. Untuk setiap barang yang terjual saya akan membagi keuntungannya 5:5 dengan kamu. Bukankah kamu muali berpikir itu adalah timbal balik yang setimpal?

Setelah itu kita lihat juga alasan mereka tidak mau berelasi. Tujuan kita mengetahui adalah untuk mengatur strategi atau sebuah rencana yang membuat customer kehilangan alasan tidak mau berelasi.

no_trust___no_relationship_by_xblitzprotocol-d5563qj

 1. Kehilangan Kendali Dalam Pengeluaran

“Untuk apa asuransi? Biayanya tidak murah dan belum tentu terjadi apalagi dengan SOP keamanan kita yang ketat. Saya rasa membeli asuransi hanya akan membuat pengeluaran kita bertambah besar dan belum lagi harga bisa naik sewaktu-waktu” Seperti inilah pemikiran customer mu yang takut mereka kehilangan kendali dalam pengeluaran.

17679529eefb9777428b120d19cdcad3

2. Exit Cost

“Selain itu kalau keluar dari asuransi tersebut, uang yang kita bayarkan tidak akan kembali malah kita harus membayar sejumlah uang untuk membatalkan kontrak” Inilah sebuah bentuk dari exit cost. Perusahaan takut saat mereka keluar dari sebuah perjanjian kerjasama maka mereka akan membayar sejumlah uang. Sehingga sebelum terjalin kerjasama sebaiknya tidak bekerja sama.

3. Komitmen Sumber Daya

Ketika mereka bekerja sama dengan sebuah  perusahaan ketakutan berikutnya adalah saat sumber daya tidak cukup untuk perusahaanmu dan perusahaan kamu bekerja sama maka kamu harus memprioritaskan mereka.

resource-roundup-graphic

4. Opportunity Cost

Kalau kamu bekerja sama dengan perusahaan kami maka kamu tidak boleh bekerja sama dengan perusahaan lain. Kamu otomatis akan berpikir untung ruginya bekerja sama dengan perusahaan saya dan perusahaan lain. Karena ketika kamu memutuskan

Tetapi dari semua ini alasan utama mengapa perusahaan mau berelasi adalah karena

lebih efisien dalam melakukan Bisnis

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.