Analisa Desain Sistem : Menentukan Kelayakan Sebuah Proyek

Sebelum mengambil sebuah proyek kita harus menilai apakah proyek itu layak atau tidak, menilainya tentu saja tidak hanya dari jumlah uang yang diperoleh. Keuangan adalah salah satu faktor ekonomi yang bisa membuat proyek ini layak dan kita harus melihat faktor lainnya agar kita benar-benar bisa mengatakan bahwa proyek ini layak dan masuk akal untuk dikerjakan.

Kelayakan Secara Ekonomi

Kelayakan secara ekonomi pun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan pastinya diberikan pada customer agar customer juga melihat bahwa proyek ini layak secara keuangan. Kita lihat dari Cost Benefit Analysis.

Tangible Benefit

Kalau mau mudahnya coba lihat keuntungan yang dapat kamu berikan secara tangible(dapat dihitung). Misal dengan adanya aplikasi ini maka jumlah kertas dapat dikurangi, saya juga berharap dengan menuliskan catatan dalam blog kalian bisa mengurangi penggunaan kertas yang sia-sia.

Kedua, mengurangi error seperti pegawai yang menulis dengan sangat cepat karena jumlah customer yang dia layani banyak. Kok bisa error? Karena semakin cepat dia menulis, semakin tidak terbaca tulisan yang dia buat. 3 dan 8 hampir tidak terlihat bedanya dan semakin lelah dia maka tulisannya makin jelek.

Meningkatkan kecepatan, dengan data yang tersentralisasi maka mencari data tidak perlu membuka file satu per satu. Cukup dengan mengetikan kata kunci di dalam kolom pencarian. Dengan menggunakan fitur ini maka jumlah customer yang dilayani bisa makin cepat dan banyak.

screen-shot-2014-08-20-at-9-27-50-am

Intangible Benefit

Keuntungan yang tidak bisa dihitung dengan mudah disebut intangible benefit. Keuntungan ini biasanya hanya terlihat saja tapi dihitung dalam bentuk uang sangat sulit. Seperti informasi yang lebih akurat dan up to date, bagaimana kamu menghitung hal ini dalam uang. Moral pegawai yang meningkat, meningkatnya fleksibilitas dari organisasi. Hal-hal ini tidak bisa dihitung dengan mudah.

Tangible Cost

Selain itu kita juga harus adil dengan memberikan biaya yang mungkin membolongi dompet customer kita. Misalkan dengan adanya aplikasi maka sudah pasti customer kita harus mengeluarkan uang untuk membeli server dan membuat jaringan di dalam kantornya. Pengeluaran yang bisa dihitung ini disebut Tangible cost. Tangible cost bisa terbagi menjadi One-Time Cost dan juga Recurring Cost. One Time adalah biaya yang dikeluarkan sekali seperti membeli hardware dan recurring cost adalah biaya yang akan keluar berkali-kali seperti biaya paket internet atau hosting dan meningkatnya penggunaan listrik bila ada hardware baru.

17121923990_ba6b3b8fe6_b

Intangible Cost

Intangible cost adalah biaya yang susah dihitung, seperti dengan adanya aplikasi maka karyawan akan lebih banyak menggunakan aplikasi dan customer bisa merasa bahwa karyawan sibuk sendiri. Kedua karyawan takut akan ada phk karena dengan adanya aplikasi maka seorang karyawan bisa mengerjakan pekerjaan 3 orang karyawan sebelum ada aplikasi.

Kelayakan Operasional

Apakah proyek akan berguna bai perusahaan? Menyelesaikan masalah mereka atau bermanfaat bagi perusahaan? Kalau misal tidak berguna dan tidak bermanfaat maka sebenarnya proyek ini tidak layak. Tapi uangnya kan tetap masuk ke kita? Ya, dan kamu punya reputasi yang harus kamu jaga.

Teamwork works together to build a gear system

Coba lihat dari sisi teknikal, kadang perusahaan memaksa membuat sebuah program demi standard ISO, atau menghabiskan dana yg disediakan oleh atasan dan ila tidak habis maka tahun depan dana akan dipotong. Akibatnya apa? Proyek ini mempunyai tujuan yang tidak jelas dan kamu harus berada di tengah-tengah proyek yang tidak jelas. Lebih baik tidak diterima.

Kelayakan Teknikal

Kelayakan teknikal di sini lebih ke arah peralatan yang dimiliki. Perusahaan ingin membangun sebuah program client server dan selamat kamu mendapatkan proyek ini, sebelum itu kamu memutuskan untuk melihat kondisi lapangan dan menemukan kenyataan pahit bahwa mereka belum memiliki servernya dan tidak ada jaringan LAN yang terpasang di sana. Apakah hal ini layak dikerjakan? kamu mestinya tahu jawabannya. Kalau perusahaan tidak memiliki komitmen untuk menyediakan semua itu maka sebaiknya tidak dijalankan.

Kelayakan Jadwal

Butuh aplikasi sistem informasi untuk semua cabang dan biayanya Rp. 1.000.000.000,- Semua keperluan jelas, hanya saja harus selesai besok. oooh, jadwalnya sangat dekat. Lebih baik tidak diambil, yang pertama dipikir secara logika saja. Mungkinkah membangun atap terlebih dahulu baru membangun pondasi? Atau pasang saja rumahnya dahulu, kabel-kabel listrik dan pipa urusan belakang. Jawabannya sangat tidak mungkin.

Calendar with Deadline Circled

Kelayakan Secara Legalitas dan kontrak

Pastikan perusahaan tempat kamu akan mengambil proyek adalah perusahaan legal dan sesuai dengan hukum dan selalu baca kontrak yang telah dibuat bersama, pastikan kamu memberi tempat paraf di setiap halaman sebagai bukti mereka sudah membaca dan menyetujui kontrak tersebut. Kontrak mengenai apa? tentu saja mengenai sistem yang akan dibuat. Kamu buat 2 dan tanda tangan di atas materai lalu kamu serahkan ke client dan kamu minta client juga tanda tangan d atas materai dan kamu simpan.

Kelayakan Politik

Politik? POLITIK? apa yang dilakukan politik dalam membangun sebuah proyke sistem informasi? Keliatanya sangat absurd tapi hal ini nyata. Untuk memenangkan sebuah politik dalam kantor, seseorang harus berinovasi dan ia ingin kamu mengerjakan proyek tersebut hingga selesai. Saat sudah selesai maka proyek itu akan ditunjukan ke boss dan boss senang lalu clientmu diangkat jadi salah satu pimpinan dan kamu akan dibayar dengan berlimpah.

seo-agency-problems1

Sayangnya itu adalah jalur yang sangat indah dan sangat sulit dinyatakan. Bagaimana bila gagal? akankah kamu tetap dibayar. Ingat sebagai manajer proyek kamu memiliki anak buah yang harus makan setiap harinya dan mereka juga punya kehidupan.

Sudah mengerti cara menilai sebuah proyek dari kelayakannya? Kalau kalian menjalani mungkn akan lebih mengerti. Karena itu buatlah kontrak dengan baik. Bayaran diterima 30% sebagai tanda mulai proyek 30% saat proyek selesai setengah dan 30% setelah proyek selesai, 10% untuk masa garansi bila ada masalah selama beberapa waktu. Buatlah juga perjanjian mengenai pembayaran bila salah satu pihak membatalkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s