Analisa Desain Sistem : Hasil Dari Perencanaan Sebuah Proyek Sistem Informasi

Hasil dari sebuah rencana adalah sebuah jadwal, sebuah proposal dan semacam rencana awal project atau Baseline Project Plan.

Kita Lihat Baseline Project Plan, kegunaannya untuk internal. Mengapa yang internal diberitahu? Supaya mereka mengerti tujuan akir dari proyek yang kamu kerjakan. Bayangkan bila kamu tidak diberitahu dan hanya disuruh bekerja, akan banyak kesalahan yang terjadi. Misalkan kapan deadline, menggunakan framework apa untuk pengerjaan proyek.

6a0128764b6c2a970c01348287d0d0970c

Baseline Project Plan

Baseline project plan terdiri beberapa bagian :

  1. Batasan(Scope)
  2. Keuntungan(Benefit)
  3. Biaya(Cost)
  4. Resiko(Risk)
  5. Sumber Daya(Resources)

Batasan(Scope)

Proyek ini dibuat sampai sedetil apa? atau membutuhkan fitur selengkap apa? Hal ini harus jelas supaya para programmer tahu yang akan dibuat.

Keuntungan(Benefit)

Keuntungan apa yang diberikan dari proyek ini pada perusahaan. Tentu saja total Keuntungan(uang) yang didapat dari proyek ini berapa $$. Mereka perlu motivasi tersebut.

Biaya(Cost)

indexTentu saja keuntungan tidak bisa dibagi rata, sehingga ada baiknya pula kamu menjabarkan biaya yang akan dikeluarkan selama project berlangsung. Misalkan kamu memiliki sebuah kantor dan sedang menjalani proyek selama 2 tahun maka kamu harus memperhitungkan biaya air dan listrik kantor selama 2 tahun, dan juga biaya lainnya seperti pajak, ijin usaha, gaji karyawan dst. Berikan perhitungan yang detil sehingga mereka tahu bahwa kamu tidak melakukan kecurangan.

Resiko(Risk)

Beritahu mereka resiko-resiko yang mungkin terjadi selama mengerjakan proyek. Misalkan pegawai mu kamu tetapkan sebagai Sistem analis maka dia tidak boleh menjabat sebagai sistem analis di project lain atau misalkan ada keterlambatan proyek maka keuntungan dari proyek akan terpotong dan akan mempengaruhi bayaran mereka.

Sumber Daya(Resources)

Sumber daya adalah hal penting, apabila ingin menyelesaikan proyek tepat waktu maka sumber daya harus ada dan diperhitungkan. Misalkan jumlah programmer yang akan mengerjakan proyek, Skill apa saja yang diperlukan.

Village+of+Ruidoso+Human+Resources+Department.jpg

Setelah semua itu berikan Project Charter, yang digunakan untuk memberikan acuan pada semua orang yang mengikuti proyek.

Isi dari project charter berupa judul proyek, tanggal resmi kontrak dimulai, nama project manager serta no kontaknya, nama customer dan no contactnya, start pengerjaan dan tanggal selesai, lalu yang berperan siapa saja serta tanggung jawabnya, tujuan dan deskripsi proyek, asumsi-asumsi yang ada, pendekatan yang akan dilakukan dan juga tanda tangan orang-orang yang berperan menyatakan project charter ini telah disetujui oleh setiap pihak yang ada.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.