Bentuk dari Metadata Teknikal

       Ingat sebuah program yang baik memiliki yang namanya user manual, walapun kita tahu bahwa user manual jarang dibaca. Tapi tetap saja itu harus diberikan.

 

Metadata Teknikal

      Metadata Teknikal, metadata ini diperuntukan programmmer. Maksudnya adalah metadata ini dibuat agar programmer selanjutnya bisa meneruskan program yang telah ada. Sehingga di dalam metadata teknikal ini ada seluruh dokumentasi dari program yang dibuat seperti hak akses ke database, database diagram, tipe data, sumber data, cara pengambilan data dan banyak lainnya.

Mengapa Dibuat?

       Pertama sebagai programmer kalau kamu disuruh melanjutkan sebuah program tanpa dokumentasi yang baik maka yang ada di kepalamu adalah “lebih baik aku hapus, lalu buat dari awal” atau kita balik situasinya, kamu buat program tanpa memberikan dokumentasi yang baik sehingga saat programmer atau user membutuhkan maka mereka akan meneror kamu habis-habisan dengan telepon.

shutterstock_call_centre_worker_unhappy

        Faktor berikutnya ada di setiap manusia yakni lupa. Kamu pernah buat program lalu setelah sekian lama akhirnya diputuskan untuk meng-upgrade program tersebut dan kamu sebagai programmer di suruh melanjutkan dan yang dipikiranmu “Apa-apaan ini? itu program 2 tahun lalu. Mana saya ingat?”. Bukankah lebih baik bila hal ini diingat atau tertulis dan disimpan dengan baik.

bf16_m0007
Bentuk Metadata Teknikal

       Melihat juga banyak faktor yang akan membuat hidupmu tidak tenang maka ada baiknya metadata dibuat sebaik mungkin. Dalam membuat metadata pikirkan bagaimana caranya agar kalau anak TK baca, mereka mengerti atau kita bilang seperti part gundam yang saya ambil. Bentuk hal-hal teknis dibaut menjadi seperti gambar dan berurutan agar orang yang mengikutinya mengerti.

Metadata Tehnikal dalam OLAP & Data Warehousing

         Metadata apa sih yang ada dalam OLAP? Pertama adalah bentuk database yang kalian miliki serta relasi yang ada.

       Tentu saja tidak hanya dari sisi database yang kamu miliki, cara mengakses dalam program serta code program yang kamu miliki harus dapat menjelaskan mengenai program dan cara akses data melalui program.

        Kalau ada yang bertanya harus berapa tebal dokumentasinya? Bukan masalah tebal atau tidaknya, tapi apakah user mengerti atau tidak dengan dokumentasi yang kamu buat.

Satu respons untuk “Bentuk dari Metadata Teknikal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.