Analisa Desain Sistem : Pendekatan Dalam Membangun Sistem

        Untuk melakukan sebuah analisa dan desain sistem perlu beberapa pendekatan yang berbeda dan harus disesuaikan dengan kondisi. Karena permasalahan tiap orang/perushaaan berbeda pendekatannya pasti berbeda pula.

Prototyping

        Prototyping adalah sebuah pendekatan yang membangun dan mendesain sebuah bentuk kecil dari sistem IT yang bekerja. Prototype ini dibawa ke hadapan user dan bila ada hal yang harus disesuaikan maka prototype ini dapat langsung diubah sesuai dengan kebutuhan user yang sebenarnya.

develop-a-prototype-pan_6699
Diperbaiki Terus Menerus

       Keuntungan dari prototype adalah user terlibat dalam desain, jadi jika desain sedikit/sangat jelek maka kita bisa melemparkan kesalahan pada user ;)(Bercanda). Kedua, Hasil akhir akan sesuai dengan maksud yang diinginkan oleh customer.

CASE Tools (Computer Aided Software Engineering Tools)

         CASE Tools berupa software yang digunakan oleh sistem analis untuk membantu mereka dalam membangun sistem informasi. Tools ini digunakan untuk mensupport system analyst dan membantu pekerjaan mereka seperti membangun diagram(sybase), Membuat jadwa project(Gantt chart) Tools ini juga membantu memeriksa hal-hal yang tidak konsisten seperti urutan pembuatan yang terkadang system analyst lupa atau sedang lelah dan tidak sengaja menaruh pembuatan laporan di awal project.

use-case-activity-diagram
CASE tools membantu user membuat diagram

Join Application Design(JAD)

         JAD dimunculkan pada tahun 1970, secara gampangnya untuk mengerti JAD adalah semua pihak yang bersangkutan dikumpulkan dalam 1 ruangan untuk rapat(Karantina). Rapat ini bisa berlangsung beberapa kali atau secara bersamaan dan dipimpin oleh seorang IS atau seorang ahli dalam Sistem Informasi. Dalam rapat tersebut mereka akan membahas mengenai sistem informasi, desain, waktu dan pengaturan sumber daya organisasi.

figure6-6illustrationofthetypicalroomlayoutforajadjointapplicationdesign

         Tujuan dari JAD/Karantina ini adalah agar client bisa fokus pada kebutuhan Sistem informasi dan apa saja yang harus dilakukan oleh sistem informasi ini.

Rapid Application Design

        Rapid Application Design adalah sebuah metode yang mengharuskan kebutuhan jelas terlebih dahulu, dan saat kebutuhan belum jelas maka desain secara mendetil tidak akan dikerjakan. Prototype digunakan untuk mendeskripsikan kebutuhan yang ada saat ini dan digunakan dalam RAD untuk mendapatkan penerimaan dari user(User Acceptance). Tujuan mengapa RAD digunakan adalah agar pembangunan sistem-sistem kunci dapat dilakukan secepat mungkin.

meeting-istock

      RAD ini mengorbankan efisiensi komputer demi efisiensi manusia dalam membangun sistem yang bekerja, tetapi di sisi lain RAD bisa membuat kita kehilangan atau kelupaan dalam prinsip membangun sebuah sistem, yang nantinya bisa membuat masalah dalam pembangunan sistem.

Participatory Design

         Participatory Design sangat berfokus pada user, User akan ditanya apa yang dia lakukan dalam pekerjaannya. Keuntungan dari metode ini adalah end user ikut berpartisipasi dalam mendesain dan membangun kebutuhan sehingga Sistem yang dibuat akan sangat sesuai dengan kebutuhan user dan pasti digunakan. Kecuali, user tersebut berbohong saat menjalankan participatory design demi boss mereka atau apapun itu.

Agile Methodologies

        Agile methodologies akhir-akhir ini sangat banyak digunakan. Metode Agile ini berfokus pada 3 hal, Pertama, lebih ke arah pembangunan adaptive(menyesuaikan kondisi) daripada prediktif. Kedua, berfokus pada orang yang pakai daripada tugasnya. Ketiga, Prosesnya juga beradaptasi sesuai dengan keperluan.

18485964-sx540

         Adaptif menyesuaikan dengan kondisi dan prediktif lebih ke arah memperkirakan di masa depan apa yang akan terjadi, tetapi masalahnya adalah masa depan tidak selalu harapan kita. Perusahaan tidak bangkrut tetapi mengembangkan perusahaan dan butuh modul tambahan atau ada perubahan pimpinan dan aturan perusahaan berubah. Kemudian setiap orang dilihat memiliki bakat dalam bidangnya sehingga mereka akan berperan aktif juga dalam pembangunan sistem.

Bentuk-bentuk agile methodologies adalah Scrum, eXtreme Programming.

Metodologi ada banyak, Sesuaikan dengan kemampuanmu dan sesuaikan dengan perusahaan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.