Analisa Desain Sistem : Konsep Penting Dalam Sistem

       Ada beberapa konsep penting dalam sebuah sistem yang harus kita ingat dan juga merupakan kemampuan penting bagi project manager yang pertama adalah Decomposition.

Decomposition

         Decomposition adalah proses mengubah sebuah sistem yang besar menjadi sebuah komponen yang kecil. Misalkan gambar mobil di bawah. sebuah mobil akan terlihat kompleks dan susah mengetahui apa saja yang ada di dalam mobil tersebut, sedangkan setelah dilakukan decomposition maka kita dapat melihat setiap bagian dari mobil tersebut.

Jadi kalau disimpulkan maka skill ini memampukan System analyst :

  1. Memecah sistem yang besar menjadi sub-sistem yang mampu dimengerti dan diatur.
  2. Berfokus pada 1 area terlebih dahulu tanpa gangguan dari area lain.
  3. berkonsentrasi pada sebuah komponen dalam sebuah grup user tanpa gangguan dari user lain
  4. Membangun komponen berbeda secara bersamaan dan membantu system analyst lainnya.

        Untuk mudahnya adalah tugas system analyst membagi sebuah gunung besar menjadi gundukan-gundukan kecil yang harus disusun oleh anak buahnya. Istilah mengubah sistem besar menjadi sebuah sistem kecil ini disebut dengan modularity.

High Cohesion, Low Coupling

          Sebelum mengenal prinsip high cohesion dan low coupling coba kamu mengerti istilah coupling terlebih dahulu. Coupling adalah sebuah sub-system yang bergantung satu dengan yang lain, misalkan penjualan. Penjualan sangat bergantung dengan modul barang. Maksudnya adalah kamu tidak meungkin menjual tanpa ada sebuah barang, benar kan? tetapi modul barang tidak tergantung pada modul yang lainnya.

coupling

          Nanti modul-modul lain seperti pegawai, peralatan, customer yang tidak bergantung terhadap subsystem lain dapat dikerjakan terlebih dahulu dan secara bersama-sama. Inilah yang disebut low-coupling sedangkan penjualan harus menunggu hingga modul barang selesai.

           High Cohesion berarti Sebuah kemampuan subsystem menjalankan fungsinya. Misalkan dalam modul penjualan bisa melakukan pencarian barang, print nota, hitung subtotal dan hitung grandtotal. Tujuan dari semua itu adalah agar transaksi penjualan dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

cohesionandcoupling

Integrasi Sistem

          Setelah semua kamu pecah jangan lupa pikirkan cara untuk mengintegrasikan sistem tersebut. Apa yang diintegrasikan? tentu saja hardware dan software yang dimiliki. Lihatlah kenyataan, sekarang ada software yang tidak bisa di install di dalam windows 7 apalagi di dalam windows XP. Kalau hal ini terjadi maka upgrade lah OS tersebut jangan menurunkan software yang digunakan.

integration1

        Kemudian yang pasti adalah memastikan juga integrasi bahasa pemprograman prosedural dan visual berjalan dengan baik. Kenyataan yang pahit adalah programer yang jago dalam membuat tampilan dan jago dalam koding adalah programmer yang sangat langka. Biasanya mereka sangat jado desain atau jago koding tetapi tidak keduanya, sehingga koding dan desain dikerjakan oleh 2 orang yang berbeda. Tugasmu adalah memastikan mereka berintegrasi dengan baik tanpa bertengkar.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.