Analisa dan Desain Sistem : Apa Itu Sistem?

         Setiap perusahaan besar memiliki susunan organisasi, mulai dari ketua, wakil, marketing, sales, akutansi dan seterusnya. Susunan organisasi ini adalah sebuah contoh dari sistem. Sudah dapat bayangan?

Sistem adalah kumpulan komponen yang bekerja sama satu dengan yang lain untuk sebuah tujuan tertentu.

maxresdefault

        Secara formal dalam bisnis adalah kumpulan prosedur-prosedur bisnis yang berelasi satu dengan yang lain dalam sebuah bisnis bekerja sama untuk sebuah tujuan.

Dalam dunia IT lebih ke arah sistem informasi. Sistem Informasi mengubah data menjadi informasi.

data_processing_chart

        Banyak istilah sistem dan semua menyesuaikan dengan konteks dunia itu. Ada sistem yang bertujuan untuk kurun waktu tertentu atau mendadak, intinya adalah mereka mempunya komponen-komponen yang bekerja sama satu dengan yang lain dan memiliki tujuan.

         Lihat saja tubuh kita, tubuh kita memiliki sebuah sistem dengan tujuan kamu hidup, saat salah satu sistem bermasalah maka bisa jadi kematian. Misalkan sistem pernafasan dan paru-parumu tidak bekerja maka kamu bisa bayangkan apa yang terjadi atau ketika kamu bertujuan berjalan ke depan tetapi kakimu tidak mau bekerja sama malah jalan ke belakang, bukankah kamu akan berkata “ada yang salah dengan saya” mengapa? Karena tidak sesuai dengan tujuan.

p1b11cab3q4m1fgj1tnmnh23qa3

Analisa dan Desain Sistem

         Apa itu analisa dan desain sistem? Analisa dan desain sistem adalah metodologi yang digunakan perusahaan untuk membuat dan memelihara sistem yang menjalankan fungsi dasar bisnis.

       Fungsi dasar bisnis? yep, Kalau bisnis mu jual beli barang maka sistem yang dibangun adalah sistem jual beli bagaimana cara menjual hingga memperoleh profit, aturan-aturan membeli barang agar barang tidak overstock(Stok berlebih).

        Tujuan utamanya adalah meningkatkan efisiensi pegawai dan mengurangi biaya yang dikeluarkan dengan memberikan software untuk membantu tugas kunci dalam bisnis. Seperti jual beli tadi daripada menulis dengan tangan akan lebih cepat bila di print komputer dan pencatatan barang berkurang dilakukan oleh komputer.

4increase-efficiency

        Tentu saja pembangunan Sistem Informasi ini tidak boleh sembarangan, Sistem Informasi dibangun dengan mengerti tujuan, struktur, dan proses dari organisasi. Kedua, pengetahuan untuk memanfaatkan IT untuk keuntungan dari sisi teknologi.

Siklus Hidup Pembangunan Sistem(SDLC)

         Tentu saja pembangunan sistem menggunakan IT ini bukan sesuatu yang mudah atau instant. Ada yang namanya siklus hidup dalam pembangunan sistem dan siklus ini memiliki 4 tahap :

  1. Perencanaan Sistem dan pemilihan rencana.
  2. Analisa Sistem
  3. Desain Sistem
  4. Implementasi dan pengoperasian sistem(Testing).
  5. Maintenance (Support)

Apabila setelah implementasi dirasa ada kekurangan maka akan melanjutkan dari tahap 1 kembali.

sdlc-phases

       Tujuan utama dari SDLC ini adalah meningkatkan sistem yang dimiliki organisasi dengan membangun atau mendapatkan software dan melatih pegawai untuk menggunakan software tersebut.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.