Analisa dan Desain Sistem : 9 Karakteristik Sebuah Sistem

       Sistem seperti yang ada dalam post sebelumnya memiliki karakteristik tersendiri yang harus ada. Tujuan karakter ini adalah agar kamu sebagai pembangun sistem tidak dikerjai oleh client atau customer mu.

1. Komponen

         Komponen adalah inti utama dalam sebuah sistem, maksud saya apa artinya sebuah sistem pernafasan tanpa hidung, laring dan paru-paru? Apa artinya sebuah tim tanpa anggota? komponen juga bisa berarti bahan baku dalam artian kamu mau buat nasi goreng maka kamu butuh alat-alat masak dan bahan masak, mengerti maksudnya? kalau alat masak tidak ada apakah kamu bisa bikin nasi goreng? kalau bahan baku tidak ada apakah nasi goreng mu akan jadi?

auto-components_625x300_51405594271
Mobil memiliki banyak komponen

2. Komponen Tersebut Saling Berelasi

       Kembali ke contoh sistem pernafasan, hidung, laring, dan paru-paru saling berhubungan dan tidak dapat berdiri sendiri. Ketika kamu Hidungmu kena pilek maka paru-parumu akan menderita karena harus mengolah oksigen yang jumlahnya sedikit. Mereka saling berhubungan, berikutnya ke contoh nasi goreng. Apa jadinya bila nasi gorengmu di beri kuah? kamu akan berkata “Apa ini??!?!?” Kuah tidak berelasi dengan komponen dari nasi goreng.

3. Boundary / Batasan

do2bnot2bcross       Batasan tersebut harus ada, misal kembali ke contoh nasi goreng lagi. Kamu menjual nasi goreng Rp.10.000,- tetapi clientmu meminta tambahan nasi, daging, maka kamu akan menilai bahwa kamu merugi dengan permintaan customermu atau batasan berikutnya adalah waktu memasak, kalau warna sudah berubah maka nasi goreng harus diangkat tetapi apabila batasan ini dihilangkan maka nasi goreng mu akan dimasak terus hingga menjadi abu.

4. Tujuan

        Tujuan sistem pernafasan kita adalah agar kamu bisa bernafas dan tujuan dari nasi goreng adalah membuat kamu menjadi kenyang dengan makanan yang enak di mulut sehingga rasa laparmu terpuaskan.

Clear strategy and leadership solutions
Tujuan Sistem membuat sesuatu yang kompleks menjadi simpel

5. Lingkungan

        Sistem pasti memiliki lingkungan, dimana sistem tersebut dapat berjalan atau dijalankan. Kalau kamu membuat nasi goreng otomatis kamu akan masak di daratan bukan di dalam laut. Contoh ekstremnya seperti itu, kamu akan masak di dapur bukan di ruang kelas. Jadi sebuah sistem pasti akan memiliki lingkungan di  mana sistem itu berada.

6. Antarmuka

       Antarmuka adalah tempat dimana pengguna sistem bertemu dengan sistemnya. Misalkan ada orang mencari nasi gorengmu maka di manakah dia bisa menemukan tempat kamu berjualan nasi goreng. Jadi kalau kamu memiliki sebuah sistem produksi maka antarmuka dengan pembeli adalah toko tempat produkmu dijual.

7. Constraint

lean-theory-of-constraints-methodology

        Constraint atau kita bilang adalah aturan atau suatu paksaan dalam sistem. Maksud nya adalah customer kalau beli pasti di toko dan bila mereka beli dari pegawaimu itu namanya penggelapan atau pendurian dan efeknya banyak, seperti merusak harga pasar. Menyebabkan toko-toko bangkrut. Kalau dibiarkan maka kamu akan bangkrut. Karena itu perlunya sedikit aturan yang membantu kamu mengawasi pegawai-pegawaimu.

8. Input

        Sistem yang kamu buat menerima masukan apa? Dalam contoh kalau kamu mau buat nasi goreng maka minimal inputmu adalah nasi, kecap, dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Dalam IT maka data adalah input dan menjadi informasi adalah output.

data_processing_chart

9. Output

       Hasil dari pengolahan terhadap input akan menjadi output dalam kasus yang ada pada no 8 maka output adalah nasi goreng.

         Yep, inilah 9 karakteristik dari sebuah sistem. Coba dipelajari baik-baik, karena dalam bisnis bisa saja kamu tidak menggunakan sistem akan tetapi semakin besar bisnismu maka kamu akan secara perlahan membentuk sistem. Misal pegawai 1 hanya di kasir, pegawai 2 membantu penataan barang dan seterusnya yang bertujuan agar kerja lebih cepat. Jadi sebenarnya kita sudah memiliki kemampuan membangun sebuah sistem dan belajar sedikit lagi dalam konteks IT.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.