CRM Rahasia Berkembangnya Bisnis : Latar Belakang CRM

Kamu punya bisnis? tapi saingan yang kamu miliki juga banyak? Kamu coba bersaing tetapi kamu susah mengembangkan bisnismu. Kamu melihat bisnis orang lain yang memiliki banyak saingan tapi mereka bisa berkembang dan bahkan di saat-saat sulit mereka mampu bertahan.

Ada beberapa hal yang dilakukan oleh perusahaan-perusahaan atau entreprenuer :

1. Business Strategic Focus(Strategi Fokus Bisnis)

Mereka memiliki sebuah bidang usaha yang sangat spesifik. Misal, kita tahu ada banyak perusahaan yang menjual pena dan kamu juga jual pena. Bedanya kamu dan mereka adalah kamu spesifik kepada sebuah pena yang sangat nyaman digunakan.

strategic_focus2

Nyaman adalah kata kuncinya, dalam hal apa? nyaman digunakan, sehingga orang yang menggunakan penamu bisa menulis dengan enak dan nyaman. Ini adalah fokus yang kamu unggulkan, mungkin yang lain memiliki variasi bentuk yang menarik, terlihat mahal, atau memiliki harga yang murah. Tetapi saat mereka ingin pena yang nyaman mereka akan ingat pena mu.

Siapkah dirimu berfokus pada strategi bisnis? Kira-kira apa yang menjadi fokusmu? Dan langkah-langkah apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai fokusmu itu.

2. Operational Exellence(Operational yang Sangat Baik/Di Atas Standart)

Exellence artinya adalah sesuatu yang dilakukan dengan sangat baik. Saya melihat banyak tempat makan memiliki masa kejayaan mereka, banyak pelanggan, belum waktunya tutup bahan sudah habis. Tetapi seiring berjalannya waktu meski masakan mereka enak, pelanggan mereka mulai meninggalkan mereka.

Restaurant

Saya sempat bertanya mengapa? Ternyata jawabannya terletak pada hal-hal simpel seperti kebersihan. Pada saat pertama kali mereka buka, mereka ingin semua sempurna, meja bersih, toilet bersih semua alat makan mengkilap dan kamu bisa berkaca dengan meja yang baru dipoles. Saat pelanggan mebludak, maka hal itu mulai dilupakan. Kenapa? kok bisa? Toilet makin cepat kotor karena banyak yang pakai bayangkan lelahnya membersihkan toilet, meja memang dibersihkan tetapi tidak sempat membersihkan dengan seksama, lantai mulai kotor karena banyak sisa makanan berceceran. Mengerti maksud saya?

waitress_02_20070328Sumber daya mereka kurang atau mereka makin malas. Kadang orang berpikir bahwa mereka tidak sempat melakukan hal-hal seperti bersih-bersih. Selama produk yang aku buat disukai maka orang-orang akan datang. Tetapi kita lihat apakah kamu mau datang ke sebuah tempat makan yang begitu kamu masuk banyak sisa makanan tercecer di lantai dan kamu harus duduk di meja yang kotor, belum lagi toilet mereka. Pertama kamu mungkin akan datang untuk mencoba, tetapi yang berikutnya hal-hal tersebut akan menghalangi kamu untuk datang.

Selama tempat makan tersebut menjaga kebersihan seperti saat mereka pertama kali buka maka saya jamin tempat makan tersebut akan tetap ramai dan mungkin antriannya akan tetap panjang.

3. Customer Centricity(Berfokus pada pelanggan)

Fokus pada keinginan customer. Saya ingin bilang bahwa ada sebuah moto yang mengatakan “Customer Adalah Raja“, ingat moto ini baik-baik dan jangan diikuti.

259b94b

Jangan diikuti, karena kita tahu seorang raja memiliki keinginan dan bayangkan dirimu seorang panglima perang yang diperintah raja untuk menyerang sebuah kerajaan dan dia menyuruhmu maju dari depan dan minta ijin untuk menyerang musuhmu. Kamu berkata,”Huh? Serius” Raja memiliki keinginan tapi ketika kamu memberitahu musuhmu bahwa kamu akan menyerang dari depan maka kesempatan kamu memenuhi keinginan raja makin kecil.

Intinya customer punya keinginan yang harus kita kabulkan tetapi jangan sampai mereka mempengaruhi cara kerjamu atau caramu berpikir dan bekerja. Kamu memiliki pengalaman di bisnis mu sedangkan customer mu belum tentu memiliki pengalaman. Mereka hanya mengatakan semua yang ideal bagi diri mereka dan belum tentu baik bagimu. Jadi coba pikirkan bagaimana cara memenuhi keinginan customer, dan menggunakan ide-ide dari mereka yang benar-benar baik bagimu.

4. High Employee Engagement(Keterlibatan Pegawai yang tinggi)

Apa syarat menjadi seorang pemimpin? Memiliki orang untuk dipimpin. Harus diakui saat kamu membayangkan perusahaan mu berkembang, apakah kamu yang menjalankan perusahaan sebesar itu sendirian? Apakah kamu bisa menjalankan penjualan, pembelian, marketing, logistik dan maintenance di saat yang bersamaan? Tentu saja susah, oleh karena itu kamu butuh seorang pegawai yang ahli d bidang-bidang tersebut.

braggart1024xx467-264-0-6

Ketika kita bilang ahli atau pintar dalam suatu bidang kita juga mesti lihat seberapa besar mereka mau terlibat dalam membangun perusahaan atau usahamu. Kebanyakan orang pintar tetapi saat mereka memiliki ego yang tinggi maka perusahaan mu tidak akan berkembang, malah akan mengalami kemunduran. Ego seperti apa? pada dasarnya mereka nyaman dengan kondisi mereka dan mereka tidak ingin perusahaan berkembang, karena bila perusahaan berkembang maka persaingan dalam perusahaan akan makin tinggi dan dia bisa makin tergeser posisinya.

Karyawan yang baik adalah karyawan yang mengerjakan bagiannya dengan sepenuh hati dan mau belajar demi perusahaan. Orang-orang seperti ini tidak banyak dan kalau kamu menemukan maka binalah dia dengan baik. Cobalah lihat bagaimana ia berinteraksi dengan customer mu, dan perhatikan dengan sungguh-sungguh apakah ia bekerja demi perusahaan atau demi dirinya sendiri.

good-employee

Hati-hati dengan pujian palsu, atau orang-orang yang selalu membela pendapatmu, bisa jadi mereka sedang mencoba mengamankan diri mereka dengan dekat padamu.

Ke-4 hal yang sudah kita bahas adalah inti dari CRM. Memang sampai saat ini masih ambigu, tapi sekali lagi ini hanyalah latar belakang terbentuknya CRM.

Sebuah usaha untuk menjaga relasi dengan customer, mengontrol pertumbuhan perusahaan dan tentunya sebuah proses belajar yang tidak berkesudahan bagi perusahaan. Ada berbagai macam bentuk CRM dan strategi yang dapat kita lakukan.

 

Iklan

Satu respons untuk “CRM Rahasia Berkembangnya Bisnis : Latar Belakang CRM

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.