Mengenal konsep dan istilah dasar dalam SQL

       Untuk menggunakan SQL kamu memerlukan Database Management System. Banyak platform untuk SQL seperti oracle, Microsoft Access, MariaDB. Untuk artikel ini saya akan menggunakan MySQL, karena MySQL reliable, mature dan Open Source(Yang artinya gratis). Kenapa tidak Oracle atau SQL server? Karena mereka memerlukan space yang cukup besar dan instalasi yang ribet.

      Lagipula MySQL digunakan oleh banyak perusahaan besar seperti facebook, dropbox, Youtube, Linkedin dan banyak lainnya. Kalau dicari secara rangking(Coba kamu google) Oracle akan berdiri pada posisi no 1 sedangkan MySql ada di bawahnya. Tapi jangan lupa bahwa oracle sebenarnya adalah Software yang berbayar.

Sebelum masuk dalam mySQL kita mesti belajar dahulu konsep-konsep dasar yang ada dalam SQL

Konsep2 yang ada dalam SQL saling berhubungan untuk memulai awalnya mari kita kenali database

Database

Mari kita coba kenal database untuk mengenal SQL dengan lebih baik dengan melihat tabel di bawah ini.

database       Setiap tabel memiliki makna yang berarti. kita coba baca dari kiri ke kanan. Paling kiri adalah no urut, kode maintenance, lalu ada kode untuk sparepart, dan juga no seri dari sparepart.
Saya berani jamin kamu pasti TIDAK MENGERTI saat pertama kali melihat, hal itu wajar dan sangat wajar.

Membacanya seperti ini : kode maintenance 000001/SPK/RJK/09/01/2015 mengunakan spare part dengan kode 219 dengan no seri 001 sejumah 500.

1 baris ini disebut RECORD, yang berarti sebuah baris dalam tabel database sehingga baris berikutnya disebut 1 record.

       Sedangkan kode maintenance, kodesparepart, noseri dan jumlah dalam tiap kolom disebut field. Secara resmi field adalah kolom di dalam tabel yang mengandung informasi spesifik untuk setiap record di dalam database.

database2.jpg

       Ketika kita melihat data terorganisir dalam row dan kolom berarti kita berhubungan dengan stored tabular data. Ok, yang menarik dalam tabel kita adalah kodesparepart yang ada tidak memberikan kita informasi tentang sparepart yang digunakan. Mengapa hanya kode? Kode ini digunakan untuk mereferensikan atau mengkoneksikan tabel yang kita lihat dengan tabel lain.

sparepart

Ini adalah tabel yang di referensi, bila kita lihat secara keseluruhan ada hubungan dengan kode sparepart 219 dengan tabel sparepart.

Untitled-1.jpg

        Hal ini digunakan untuk kebutuhan atau kenyamanan kamu dalam membacanya. Bandingkan dengan tabel terakhir atau saat saya menggabungkan semua di dalam 1 tabel.

croped.jpg
yikes

Cukup panjang ke kanan bukan? sekarang bayangkan tabel maintenance mempunyai data seperti ini yang ditulis berkali-kali.

Entity

         Back to topic, intinya unit terkecil yang mengandung satu set data biasa disebut Entity. Kolom berarti entity horisontal dan row bisa disebut entity vertical. Beberapa juga menyebut tabel sebagai Database object dan horizontal entity juga disebut entity instance.

Saya berharap kamu mengerti, bila masih bingung jangan lupa tinggalkan komentar. Untuk berikutnya mari kita  lebih mengenal teori-teori dasar SQL.

Iklan

Satu respons untuk “Mengenal konsep dan istilah dasar dalam SQL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.