Belajar SQL

Kenapa belajar SQL?

       Coba pikirkan kamu berada pada posisi manager, mengatur banyak data atau berada pada pekerjaan seperti Business Inteligence, Data Analytic, Back-end Web Developer ataupun Data Administrator yang mana berhubungan dengan data.

       Kemudian akan ada pertanyaan “Bukankah pekerjaan-pekerjaan tersebut menganalisa data?” Jawabannya adalah YA, dan untuk melakukan pekerjaannya, mereka harus bisa mengambil data terlebih dahulu.

SQL

SQL= Structured Query Language

adalah sebuah bahasa pemprograman yang di desain secara spesifik untuk bekerja dengan database. Tugasnya adalah memampukan kita membuat(Create), Memanipulasi(Manipulate), dan membagikan(Share) data. Terutama data dari RDBMS (Relational DataBase Management System).

       Lalu agar komputer mengerti kemauanmu maka kita menggunakan Query dalam SQL untuk mengambil informasi. Query sendiri adalah bagian kode yang memerintahkan komputer melakukan operasi tertentu untuk memberikan hasil akhir yang diinginkan.

        Keuntungan SQL adalah intuitive, mudah dipelajari. Akan tetapi mudah dipelajari bukan berarti menggunakannya adalah sebuah tugas simpel. Terkadang masalah bisnis yang harus kamu selesaikan itu aneh dan harus memproses data dengan jumlah banyak. Untungnya SQL bisa menjadi sangat powerfull dalam menyelesaikan sebuah tugas yang sangat kompleks.

       Dalam seri MySQL ini kamu akan belajar untuk menjadi data analyst, Web Programmer, Data scientist, Business Intelligence analyst. Alasan berikutnya untuk belajar adalah SQL sebuah bahasa pemprograman yang dibutuhkan dilansir dari techworm untuk 2017 secara umum, Indeed.com juga memberikan hal yang sama. Tapi studi2 ini merupakan sesuatu yang bias, jadi kita lihat pada stackoverflow yang melakukan survey pada developer.

Untitled

Sehingga SQL adalah sebuah bahasa yang memiliki high demand dalam pekerjaan.

Ini adalah hal dasar atau istilah-istilah dan mengapa kita belajar SQL dan kalau dipikir sekarang hampir semua program menggunakan database dan database memerlukan SQL.

Mari kenali konsep-konsep dasar dalam SQL

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.