Sukses Menjalankan SEO : Kualitas Konten

SEO sangat banyak dibicarakan dan sangat banyak yang menjalankan jadi saya juga akan bercerita sedikit tentang pengalaman yang saya miliki.

1. Kualitas

         Kita bicara mengenai masalah tulisan yang kamu lakukan, tanyakan pada dirimu. Apakah post saya memiliki sesuatu yang berkualitas agar orang mau membaca sampai habis? Atau mereka hanya datang lalu pergi? ini masalah kualitas karena ada istilah Bounce Rate. Google menghitung berapa banyak orang yang melihat web mu sekali saja lalu pergi. Ketika orang membuka webmu sekali saja dan lalu pergi(tanpa membaca) maka web mu akan dianggap tidak berkualitas atau tidak menarik.

bounce_rate_infographic_001
Rumus Bounce Rate

         Bagaimana kita tahu kalau web kita sudah berkualitas, salah satunya adalah melihat asal pengunjungnya. Ketika di Indonesia sudah pasti rata-rata pengunjungnya dari Indonesia akan tetapi dengan kualitas yang bagus maka post kita akan direkomendasikan ke banyak orang bahkan ke luar negeri. Jadi kalau ada pengunjung dari luar Indonesia maka post mu berkualitas. Gunakan Google analytic untuk web dan untuk blog, penyedia blog biasanya akan memberikan statistik.

2. Research

         Sudahkah kamu mencari tahu keyword apa yang digunakan oleh usermu? Jangan menggunakan keyword yang terlalu umum dan jangan yang susah dicari oleh orang, gunakan bahasa indonesia yang baik. Contoh : kamu mau memberi keyword untuk sebuah sekolah, Keyword utama = Sekolah. ini terlalu umum cobalah untuk buat seperti Sekolah Bisnis Surabaya.

3. Words

         Hal ini mengacu pada jumlah penekanan keyword pada post yang kamu miliki, seperti yang saya lakukan. Saat saya menulis SEO dalam judul dan SEO dalam paragraf atau kalimat ini maka saya meningkatkan jumlah words. Tujuannya adalah agar google bisa menyambungkan antara keyword, judul dan post yang kamu miliki.

4. Fresh

         Fresh mengacu pada seberapa baru topik yang kamu angkat, kalau sekarang kamu mengangkat kepopuleran sebuah lagu PPAP, maka ini bukanlah sesuatu yang fresh. Ketika orang melihat judul mereka akan “Oooh, saya tahu ini”.

         Tapi hal ini bisa dimanfaatkan dengan penulisan yang bagus contohnya pada judul “Lihat nih kabar Piko Taro penyanyi PPAP “. Hal ini membuat orang merasa “Iya, saya tahu PPAP tapi bagaimana kabarnya sekarang ya?”

31577_food_pizza

         Fresh juga berarti topik yang sedang panas, ketika kamu sebagai penulis pertama berita atau sebagai penulis berita kesekian dengan kualitas yang lebih baik. Bayangkan pizza d atas bila masih panas dan ketika sudah dingin, mana rasa yang lebih nikmat.

5. Vertical

         Apakah beritamu bisa direferensikan pada sebuah gambar, berita lokal atau sebuah video. Coba lihat post saya di atas, saya melakukan yang namanya referencing dengan menggunakan sebuah link dan gambar. Nilaimu akan sangat tinggi bila ternyata web mu menjadi referensi bagi post orang lain.

6.Answers

         Post yang kamu buat harus bisa menjawab pertanyaan orang lain, sehingga orang akan membuka web/post mu. Contoh judul post ini saya ganti dengan “Bagaimana sukses dalam SEO?” pikirkan bagaimana usermu akan mencari dengan pertanyaan dan buat lah post seperti FAQ.

questions_to_ask

         Seringkali user akan kebingungan dengan sebuah masalah, cobalah untuk memikirkan pertanyaan yang mungkin keluar dari mulut atau pemikiran mereka dan berikan jawabannya di dalam post mu.

7. Thin

         Apakah post yang kita buat sangat dangkal dan semua orang akan bilang “Ckckc, ini sih biasa” atau kurang informasi sehingga mereka berkata “Post ini tidak ada isinya” meski kalau di print post ini menghabiskan 2 lembar A4. Itu berarti post yang kamu buat dangkal.

         Dalam google analytic kita bisa mengetahui berapa lama seseorang dalam sebuah post. Misalkan post saya ini sudah lumayan panjang sehingga harusnya menghabiskan waktu sekitar 1 menit untuk membaca semua itu dan bila rata-rata user mu membaca lebih dari 1 menit maka konten yang kamu buat berkualitas. Selamat

Untitled
Coba Perhatikan Session Duration

 

         Begitulah mengenai konten yang digunakan untuk SEO, mungkin ada pendapat lain? Tolong banget untuk menaruh komentarnya di kolom komentar dan kita akan berdiskusi sedikit, dan bila kamu setuju maka saya menunggu like untuk post ini

         Berikutnya akan kita bicarakan Sukses menjalankan SEO dalam arsitektur Website yang kamu buat, kalau kamu buat menggunakan blog mungkin hal ini tidak akan terlalu berpengaruh.

Iklan

7 respons untuk ‘Sukses Menjalankan SEO : Kualitas Konten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.