Sukses Menjalankan SEO : Faktor HTML

Faktor SEO dari website yang terakhir berasal dari tag HTML yang ada. Langsung saja kita mulai

1. Title

        Apakah Title yang ada dalam HTML title tag mengandung kata keyword yang kamu mau? HTML title tag sangat membantu google menemukan websitemu sesuai dengan keyword yang digunakan oleh user. Sama seperti manusia, ketika mencari menggunakan keyword tertentu maka kita manusia akan melihat judul terlebih dahulu di daftar isi, mengapa? Untuk menghemat waktu. Google juga melakukan hal yang sama.

HTML tag akan muncul pada browser atau tab browser seperti gambar berikut.

title-top-of-browser-500x121
Menggunakan HTML title tag

2. Description

        Kamu pernah tahu meta description? Meta description juga sama seperti contoh no 1,. Daripada membaca seluruh isi buku, lebih baik membaca sinopsis buku tersebut di bagian belakang buku itu.

Bentuknya seperti ini

<meta name=”description” content=”deskripsi halaman yang kamu miliki.”/>

Meta description yang baik biasanya berjumlah 125 hingga 160 karakter. Usahakan dalam menulis meta, pikirkan bagaimana cara berbicara pada seseorang. Sesuaikan dengan content yang kamu miliki dan keyword yang kamu inginkan.

right-length-description
Hasil dari meta description

3. Structure

        Ok, mungkin ada berharap HTML tag seperti apa yang harus saya tulis? Sebenarnya terserah kamu, saya hanya menuliskan hal-hal yang harus ditambahkan agar SEO kamu sukses.

Struktur di sini menggunakan data yang berasal dari web lain sehingga google bisa menampilkan seberapa terpercaya web mu. Berikut contoh sebuah struktur.

clip_image0022

Kelihatannya biasa saja, tetapi di dalam hasil pencarian akan terlihat meyakinkan seperti gambar yang ada di bawah ini

clip_image0041

Akan muncul tulisan by Chris Green in 535 Google+ circle. Hal ini akan membuat search engine(crawler) lebih percaya kepada halaman web/konten mu.

4. Header

        Header dan sub Header juga membantu search engine dalam meningkatkan nilai SEO mu. Search Engine juga membaca header dan sub header. Search engine seperti google akan sangat terbantu dalam mengerti topik dalam konten atau web mu yang mana tulisannya bisa sangat banyak. Memang kadang menggunakan CSS akan membuatmu menemukan ukuran yang pas sesuai dengan keinginanmu tapi jangan lupakan tag html.

htmlheader
Ini adalah ukuran Header

5. Stuffing

        Ketika kita menggunakan ingin SEO kita sukses maka keyword adalah hal yang sangat penting, tetapi apabila terlalu banyak mengulang keyword maka google atau search engine akan menganggap sebagai keyword stuffing.

Misalkan saya menggunakan keyword sukses untuk SEO dan ketika saya mengetikan sukses untuk SEO bahkan menuliskan sukses untuk SEO.

Maka kalimat di atas bisa dianggap keyword stuffing.

6. Hidden

        Cara berikutnya adalah menulis sebuah konten dan menggunakan warna tulisan sesuai dengan background yang dimiliki atau di taruh di bawah sebuah tag HTML laih sehingga tulisan tersebut tidak kelihatan

Blok dari sini

Ini adalah hidden

Hingga di sini

        Para search engine ini juga pintar sehingga tidak mudah ditipu, mereka adalah gabungan dari beberapa developer pilihan yang memiliki pengalaman bertahun-tahun. Mereka mengubah algoritma agar kata kunci yang sering dicari sesuai dengan konten. Maksud saya adalah kalau cara ini masih bisa dilakukan maka akan disalahgunakan, seperti menggunakan kata kunci “doraemon” atau “game seru” dan mengkoneksikan kepada sebuah situs porno.

        Sukses SEO juga sangat terpengaruh dengan code-code html yang ada sehingga perlu seorang developer yang mengerti dalam mendevelop web untuk sebuah perusahaan atau cobalah berlatih sendiri di w3School atau mengikuti petunjuk dari home and learn.

Konten, Arsitektur dan HTML(post ini) adalah hal-hal yang mempengaruhi SEO yang dibuat sejak web di bangun.

 

Iklan

3 respons untuk ‘Sukses Menjalankan SEO : Faktor HTML

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s