Sukses Menjalankan SEO : Arsitektur Website

Ok, Saya akan bercerita sedikit mengenai arsitektur yang dianggap baik agar sukses dalam SEO.

1. Crawl

Crawling adalah sebuah robot yang meloncat dari sebuah halaman menuju halaman lain tujuannya adalah untuk melakukan indexing. Sehingga yang baik adalah sebuah halaman web page yang sangat ramah terhadap crawling.

Seperti apa ramah? Kalau hal ini saya tidak bisa membantu banyak tapi yang saya tahu pasti penggunaan AJAX adalah sesuatu yang tidak ramah. Karena bila kamu menaruh link pada halaman yang kamu AJAX maka halaman itu tidak akan di crawl.

web-crawler-for-data-extraction

Tapi hal ini dillema, karena ada yang mengatakan bahwa bot crawler sekarang akan memuat semua halaman dan melakukan crawling lagi pada halaman yang di AJAX. Kebenarannya masih belum jelas.

2. Mobile

Seberapa mobile friendly-kah website yang akan kamu buat, ingat saat ini website tidak hanya dibuka melalui browser laptop atau PC melainkan melalui browser pada smartphone yang ada. Ketika kamu memiliki konten yang baik saat dilihat dalam laptop belum tentu konten yang kamu miliki nyaman dilihat pada mobile.

viewport

Banyak sekali sebuah website untuk menguji seberapa mobile friendly web mu. Seperti Web milik google. Ada untungnya dan ada ruginya, Saya sudah bahas untungnya di atas dan kerugiannya adalah daya muat atau kecepatan load halamanmu akan sedikit melambat coba cek kecepatan load pagemu.

3. Duplicate

Duplikasi konten menjadi masalah, akan baik bila webmu bisa memberikan penamaan yang berbeda. Karena crawler adalah robot mereka adalah sebuah algoritma, bayangkan bahwa sebuah post dengan judul yang sama, mereka akan memilih yang mana? setelah mereka memilih salah satu mereka akan melihat catatan mereka dan ternyata halaman dengan judul tersebut telah ada sehingga halaman duplikasi tidak akan dilewati.

merge-duplicate-contact-on-mac-automatically

Kerugiannya apa? hanya 1 halaman yang tercatat dalam google, kerugian kedua adalah bila ternyata halaman yang duplikasi tersebut memiliki isi yang sangat berbeda, maka isinya tidak akan mendapat perhatian dari google. Duplikasi juga membuat google bingung keyword apa yang akan diberikan pada konten yang kamu buat. Intinya Google kebingungan dalam memberi ranking dalam page mu.

4. Speed

art-speedometerKecepatan load sebuah website adalah hal yang sangat penting, kalau terlalu lama maka user akan mencari halaman lain. Selalu anggap user tidak sabaran. Bagaimana cara membuat mereka sedikit sabar? Tampilkan websitemu satu per satu, berikan loading bar dengan persentase.

Buatlah user mengerti sedang ada proses yang dilakukan oleh web mu sehingga dia akan bersabar atau kamu bisa sediakan sebuah link untuk membuka secara cepat dengan diarahkan ke sebuah halaman yang sama tetapi tanpa javascript, gambar-gambar yang besar dan hanya text yang penting saja.

5. URL

Berikan URL yang berarti, berikut akan saya berikan contoh secara langsung

Untitled
Ini contoh URL yang buruk
Untitled2
Ini Contoh URL yang baik

Memang URL akan lebih panjang, tetapi sekarang ada yang namanya URL shortener.

6. HTTPS

Masalah security juga harus kamu pikirkan terutama apabila kamu ada transaksi dalam website mu. Saya tidak terlalu ahli dalam security, jadi saya tidak akan membahas. Takut menyesatkan.

7. Cloacking

Apakah kamu memberikan halaman pada crawler dan search engine berbeda? Ada halaman yang tersembunyi dalam sebuah halaman dan halaman itu tidak tampak. Bisa juga menampilkan halaman yang benar-benar berbeda terhadap bot google.

cloaking-spam-735422

Mengapa melakukan cloacking, tentu saja untuk meningkatkan page rank, akan tetapi setinggi-tingginya page rank untuk SEO mu, hal ini akan sia-sia bila website mu masuk dalam daftar blacklist dari para search engine ini.

Ok, Ini adalah faktor-faktor dalam halaman yang akan mempengaruhi kesuksesan SEO yang kamu lakukan. Artikel berikutnya akan lebih membahas hal-hal teknik seperti HTML, dan isinya.

Cek artikel sebelumnya untuk mengetahui masalah konten yang baik untuk kesuksesan SEO websitemu. Kalau kamu seorang developer lebih baik juga lihat hal apa saja yang harus kamu tambahkan dalam code HTML untuk meningkatkan SEO.

 

Iklan

6 respons untuk ‘Sukses Menjalankan SEO : Arsitektur Website

  1. I’m really inspired together with your writing abilities
    as smartly as with the format for your blog. Is that this a
    paid topic or did you modify it your self? Anyway keep up the
    excellent quality writing, it is uncommon to see a nice
    weblog like this one these days..

    Suka

    1. Thank you. This is not a paid topic and yes, i know some of SEO and i used it in real life and now i write it again based on my experience.
      Hope it help

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.