Money Can’t Buy Happiness, but It Helps

        Membayar orang untuk mempromosikan produkmu tidak akan membuatmu lebih baik tapi itu membantu. Memang mesti kita sadari bahwa ini adalah sebuah bentuk penipuan tapi inilah marketing, jangan lakukan berlebihan atau kamu akan berakhir di penjara.

       Memang ada hal yang akan terbentuk secara perlahan dan membangun brand adalah sesuatu yang dibentuk perlahan. Memang ada jasa di luar sana untuk membantu kita agar brand lebih dikenal seperti “endorsement”. Poinnya adalah setelah melakukan endorsement berapa banyak pesanan masuk?

why-critical-thinking-is-so-important

pasti ada peningkatan, banyak…. hmm coba dipikirkan lagi.

Lalu setelah itu apa yang terjadi? kamu hanya mendapat peningkatan order tapi tidak dapat customer.

      Hal ini akan menjadi sama seperti era marketing pada jaman lama. Pebisnis mendapatkan seorang customer dengan menggunakan bensin yang mahal secara konstan. Bensin itu adalah biaya iklan yang mahal(TV dkk).  Sejarah ada bukan untuk diulangi lagi. Kecuali kamu merasa dengan menggunakan sosial media bensin itu menjadi lebih murah maka lakukan iklan itu di sosial media.

        Chevrolet pernah melakukan hal yang sama pada 2012. Ketika ia menarik iklan dari NFL dan membatalkan ads sebesar 10M USD di Facebook. Banyak orang berkata “APA KAMU GILA?” beruntungnya CEO General Motor tidak memperdulikan omongan orang-orang dan langsung menginisiasi peluncuran akun sosial media mereka. 10M USD guys, itu semua uang.

17121923990_ba6b3b8fe6_b

       Sekarang Joel Ewanick tidak memiliki orang yang memahaminya. Tapi dia merubah persepsi semua orang dengan mengatakan “5 tahun yang lalu kalau ditanya apa kamu bisa menjual mobil tanpa TV, maka jawabannya adalah tidak mungkin sekarang jawabannya sangat mungkin” Joel menghemat uang dari General Motor sangat banyak untuk biaya marketing. Sehingga dia bisa masuk majalah Fortune.

joel-ewanick-550x335
Joel Ewanick

        Kembali ke masalah uang, coba kamu ketikan “I love apple” maka akan ada 31jt hasil. tapi dimanakah produk apple dari steve jobs? Memang itu terlalu global tapi coba ketikan “I Love Starbuck” akan ada 65jt hasil lalu ketikan “I love Citibank” maka yang keluar adalah 9,5 jt. bagaimana bisa? padahal group Citibank mengeluarkan uang senilai 2Billiun USD tiap tahun.

         Inilah yang dimaksud bahwa “Money Can’t buy happiness” tapi apakah orang-orang mengetahui citibank? jawabannya ya. Biaya yang dikeluarkan sangat besar, bagaimana dengan starbuck? orang-orang menyukai starbucks dan akibatnya starbuck tidak mengeluarkan biaya yang amat besar untuk iklan. Sehingga ia memotong biaya sangat besar.

expense-reduction

 

Apa rahasianya?

         Orang-orang tidak peduli dengan brand, tidak peduli dengan seni, tidak peduli dengan orangnya tapi peduli dengan pelayanan yang bagus. Kalau sampai ada yang bilang seperti ini maka “Selamat untuk kamu”.  Tapi bila kamu belum mendapat itu coba pelajari Customer Relationship Management.

         Kembali lagi bahwa percuma marketingmu besar-besaran bila kualitasmu tidak baik. Cobalah melihat kenyataan dan memperbaiki diri, jauhilah jalan-jalan instan seperti membeli follower dan membeli like. Endorse? Selama followernya tidak beli, silahkan saja. Ingat jangan dilakukan terlalu sering

customer-voice
Customer Voice

      Terakhir dengarkan suara customermu, kadang bukan marketingnya yang jelek tetapi produknya sehingga penting untuk mendengarkan suara-suara yang ada di sosial media yang ada. Sehingga tidak selalu marketing yang salah dan jangan menyalahkan dirimu. Bila sudah terjadi hal seperti ini akan lebih baik memperbaiki produk dan melakukan re-branding.

Untuk memperbaiki produk atau re-branding ada baiknya mendengarkan suara customermu.

Blog ini bagian dari kuliah Sistem Informasi Bisnis

Satu respons untuk “Money Can’t Buy Happiness, but It Helps

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.