Mempertahankan yang Ada

       Ketika kamu memposting sesuatu, kamu berharap post mu akan dikenal banyak orang atau setidaknya banyak orang yang tahu post mu. Entah di dalam post mu ada barang atau jasa yang kamu jual atau hanya sekedar fotomu. Hingga suatu saat customer mu melihat sebuah produk maka dia ingat kamu inilah yang disebut Brand Awareness.

brand-building-for-credit-unions-1

         Contoh Sebutkan sebuah merek air minum. Saya berani jamin sebagian besar akan langsung teringat Aqua. Hal ini dikarenakan brand awareness aqua sudah besar dan saat kita membeli minum kita akan bilang Aqua.

 

BEWARE

       Brand Awareness bisa hilang. Brand Awareness bisa hilang. Sekali lagi Brand Awareness bisa hilang.

beware

         Coba ingat, Siapa nama guru SD kelas 1 mu? Siapa guru Bahasa Inggris SMP kelas 2 mu? Ok, Apa yang kamu makan untuk makan 3 hari lalu dari pagi sampai malam? Karena itu penting bagi kita untuk “Stay in Touch” dengan customer.  Dengan cara seperti apa?

      Berinteraksi lah dengan customermu. Tanya kabar mereka, jawab pertanyaan mereka, lakukan follow up. Berikan mereka update produk-produk barumu, dan make it FUN. Hal ini dilakukan bahkan oleh merek terkenal seperti Mercedes Benz dan mereka make it FUN.

gdp-or-happiness

        Buatlah event-event yang sesuai dengan trend, misalkan pada bulan oktober kita bisa menggunakan oktober fest atau halloween. Sehingga customer mu akan ingat kamu selamanya.

       Berilah award bagi customer mu yang setia dan aktif berinteraksi denganmu. Misalkan  diberi sampling atau diskon atau apapun. Sehingga mereka juga merasa kamu peduli dengan mereka.

 

Anjuran Posting.

        Anjuran posting yang baik adalah 1 minggu 1 kali akan tetapi bila kamu mempunyai bahan untuk posting cukup banyak berikan 1 minggu 2 hingga 3 kali. Bila terlalu banyak akan Overdosis. Bila Overdosis terjadi maka efek buruk lah yang akan muncul.

        Bedakan Overdosis dengan ketagihan. Justru kalau postmu menarik maka customer mu akan ketagihan dengan post mu dan berharap kamu akan memposting lebih sering.

      garcinia-adverse-effects

Buatlah Customermu ketagihan dengan post yang beres. Beradalah di sisi mereka. Berikan kesan baik yang bisa selalu diingat oleh mereka. Berterima kasihlah karena kita tidak tahu siapa yang telah mendukung kita.

 

Anjuran posting ini boleh dilanggar sesuai kan dengan kebutuhanmu.

       Kita akan bicara sedikit mengenai hilangnya brand awareness. Pernah tau lagu apple pen? Sekarang tidak banyak yang ingat. Bagaimana dengan keong racun? Produk-produk yang di pasaran pun sama. Ketika saya mengatakan kedua ini maka kalian akan ingat kedua lagu tersebut. Tetapi sebelum kalian baca mungkin kalian tidak ingat. Brand awareness itu sama seperti contoh kasus ini.

Berikutnya akan kita pelajari penggunaan uang untuk melakukan marketing.

 

Blog ini bagian dari kuliah Sistem Informasi Bisnis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s