Paradigma Bisnis yang Berubah

       Bisnis berubah caranya, ketika tahun 2000 mulai marak jaman internet dan otomasi kantor sekarang semua berubah menjadi informasi.

evolution-not-revolution
Waktu berubah, Informasi di web bisa diakses dengan cepat dan mudah

        Beberapa contoh informasi adalah bagaimana cara mengetahui customer yang mulai tidak setia pada perusahaan. Hal ini dapat dilihat dari data customer yang berhenti sudah berlangganan di perusahaan. Maka akan kita pelajari polanya, lalu akan kita cari pola yang sama pada customer kita yang masih berlangganan. Bila polanya sama maka ada kecenderungan bahwa customer ini berhenti berlangganan.

 

key-word-evaluate
“apa yang akan di evaluasi?”

Dari penemuan yang kita temukan maka dapat kita lakukan evaluasi pada perusahaan atau membangun kembali relasi dengan customer tersebut atau malah memperbaiki kinerja di perusahaan.

 

 

Warning : Jangan berharap ini bisa dilakukan oleh manusia, di sinilah ilmu data mining sangat berguna. (Boleh disimpulkan bahwa Olap, Data warehouse dan Data Mining saling support)

 

Paradigma Perusahaan Dulu dan Sekarang

        Perusahaan beberapa tahun yang lalu lebih ke arah “Customer yang butuh saya” sedangkan sekarang mereka lebih ke arah “Bagaimana cara saya bisa dekat dengan customer” atau “Bagaimana cara dapat customer”, Mengapa hal ini terjadi? tentu saja karena perubahan jaman.

        Dengan adanya teknologi, kalau kamu mau ber-entrepreneur bisa kamu lakukan dari rumah. Tidak perlu toko, tidak perlu pegawai dan bahkan tidak ada biaya ini dan itu. Kalau orang punya produk, mereka tinggal daftarkan di Lazada, Blibli, Tokopedia dan tempat jualan lainnya.

        Memberi diskon pun bukan keputusan bijak bagi perusahaan, karena begitu diskon hilang maka customer akan pindah. Tetapi bila diskon diberikan terus menerus maka mereka akan bangkrut. Inilah dilema perusahaan. Mau tidak mau mereka akan merubah paradigma bisnis dengan mencari customer yang setia dan membuat mereka makin setia lalu mencoba mempengaruhi dan meyakinkan customer bahwa perusahaan mereka adalah yang terbaik dan peduli terhadap customer. Daripada mereka menunggu customer yang datang dan mencari mereka.

Cobalah pelajari beda karakteristik data informasi dan data transaksi(operational).

Lalu lihat karakteristik dalam datawarehouse dan akan dibahas syarat-syarat sebuah data warehouse itu disebut baik.

 

Blog ini bagian dari kuliah Sistem Informasi Bisnis

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.