Keuntungan Data Warehouse

Ada beberapa keuntungan dalam data warehouse selain yang telah disebutkan dalam  halaman sebelumnya.

Keuntungan berikutnya adalah

    1. Data yang kamu perlukan dapat terintegrasi. Bayangkan kamu memiliki barang yang kelebihan dan waktu kadaluarsa makin dekat, maka kamu tinggal mencari cabang mana yang kekurangan barang tersebut dan barang tersebut laku di cabang itu.
    2. Membantu mengihindari kesalahan yang memakan biaya. Anggaplah dari kasus no 1 di atas. Kamu tidak punya data dan kamu kirim ke cabang a, ternyata cabang A masih banyak barang tersebut sehingga akhirnya dikirim ke cabang C, lalu kata cabang C barang ini tidak laku di sini. Pertama sudah makan biaya transport dan makan tenaga(merepotkan banyak orang).
    3. Memampukan untuk fokus dalam proses bisnis. Dengan data yang dimiliki maka kita bisa tahu proses apa yang bisa diperbaiki. Bisa bahasa inggris? coba cek video di bawah ini.

Dalam Dunia Bisnis

        Kita lihat secara mendalam untuk keperluan bisnis, kamu harus tahu bahwa keputusan harus dibuat dengan cepat. Bayangkan kamu menerima pegawai yang melamar pekerjaan di tempat dan kualifikasinya sangat melebihi harapanmu. TETAPI kamu tidak tahu apakah ada divisi yang butuh dan HRD mu masih menyusun data. Tiga hari hari kemudian dia baru memanggil orang tersebut dengan keinginan untuk menerima lamaran orang tersebut, apa daya orang tersebut telah diterima di tempat lain.

          Kenapa tidak diterima dulu? Kalau diterima dan kita ternyata tidak butuh maka kita akan menghabiskan biaya untuk menggaji dia dengan tinggi. Bayangkan pada dunia bisnis, saat kamu menemukan supplier yang sangat luar biasa berkualitas dan murah. Apa yang terjadi kalau proyek dengan dia terlambat kamu beri keputusan dan diambil orang lain atau sebaliknya kamu menerima dengan cepat dan ternyata dia seorang penipu.

          Yang berikutnya adalah jumlah data meningkat terus-menerus dan data tersebut TIDAK BOLEH dihapus. Apa solusinya? ya dipindah ke data warehouse, apa kamu mau upgrade server terus menerus? bagaimana cara upgrade server saat sedang menyala dan sedang digunakan?

         Terakhir dari sisi bisnis, kompetisi sangat tinggi di bidang Business Intelligence. Kalau perusahaan Smartphone tidak tahu apa keinginan customer maka mereka tidak akan memproduksi barang baru atau ekstremnya telepon kita tidak pernah jadi smartphone.

evolution-phone
Ini adalah hasil dari Business Intelligence

          Dari perspektif teknologi, Datawarehouse sangat dibutuhkan terutama untuk sebuah perusahaan yang memiliki multi database atau beberapa aplikasi sekaligus. Bayangkan dalam sebuah perusahaan ada SQL server, Oracle, DB2, MySQL dan setiap kali meminta data maka kamu harus tahu ambil datanya dari database mana dan di server yang mana. Lebih enak kalau ambil dari 1 sumber kan.

         Mungkin keluar pernyataan “Salah perusahaan, kenapa dari awal tidak satu database?” Perusahaan juga berkembang, saat pertama pakai IT mereka memakai oracle 7, lalu ada kebutuhan online sehingga menambah MySQL, lalu membuka cabang baru dan menggunakan SQL server, dan cabang berikutnya menggunakan oracle 10 karena lebih baru dari oracle 7 dan installer nya lebih mudah ditemukan. Hal ini terjadi dalam waktu beberapa tahun bukan dalam 1-5 bulan.

datawarehouse

          Berikutnya yang harus dilakukan untuk memindah data adalah buat database baru dan kamu memindah semua data ke sana. Pertanyaan dari saya apakah kamu yakin program-program lama akan bekerja dengan database baru?

      Datawarehouse juga bisa digunakan untuk business process re-enginering. Istilah keren untuk memperbarui program lama dan yang dilakukan hanyalah membuat ulang program yang dimiliki perusahaan dan menyesuaikan dengan kebutuhan program sekarang. Kalau sudah dibuat ulang, database nya pakai yang baru dan di database lama telah dipindah maka kamu bisa musnahkan database lama tersebut.

 

Done, Sampai halaman ini adalah materi basic(Latar belakang). Ambilah minum, dan snack. Rayakan kemampuanmu dalam belajar. 🙂

Blog ini bagian dari kuliah Sistem Informasi Bisnis

Advertisements

One thought on “Keuntungan Data Warehouse

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s