Suka Politik? Yakin? Kamu Mungkin Sedang Berada Dalam BandWagon Effect

          Kelihatannya sederhana, saya melihat post yang saya suka di facebook lalu saya share dan like, atau saya bagikan pada teman-teman saya. Apa salahnya? Pernah ingat dengan politikus tersebut? atau memang baru-baru ini saja kamu peduli politik? ataukah ini semua akibat dari psikologi yang disebut bandwagon effect.

7e51cacf481bd8f3cce5986fcf715496_toronto-blue-jays-bandwagon-meme-blue-jays_600-450
Bandwagon

         Bandwagon effect adalah sebuah fenomena sebuah ide, tren yang akan meningkat karena sudah diadopsi oleh orang atau group lain. Jadi bandwagon effect secara simpel adalah kita akan mengikuti tren saat melihat orang lain mengikuti tren. Kalau menurut saya itu wajar, siapa sih yang ingin ketinggalan?

Sejarah

250px-dan-rice
Dan Rice

Bandwagon effect ini berasal dari Politikus amerika yang bernama Dan Rice, pada tahun 1848. Waktu itu Dan Rice berusaha menarik perhatian masyarkat dengan sebuah gerobak(Bandwagon) dan badut populer menggunakan musik yang menarik perhatian bagi kampanye politiknya. Saat kampanye Dan Rice berhasil, maka politikus lain mulai meniru yang dilakukan Dan Rice. Sekedar info Dan Rice adalah badut tersebut, Menarik bukan?

Bahaya?

        Kelihatannya sih tidak, menurut saya sebelum mengikuti sebuah trend periksalah apakah itu baik untukmu atau tidak. Kedua periksalah apakah itu baik dan berguna bagi orang lain atau tidak. Tidak semua trend harus diikuti.

      Karena Hoax juga muncul dari sini, buat beritanya menarik dan panas maka kamu akan memiliki ketenaran. HAHAHAHAHA. Berhati-hatilah karena ada UU ITE. Walaupun kamu hanya share maka kamu akan kena. Hukum ini mengharuskan kita berhati-hati dalam menggunakan pengetahuan IT kita di masyarakat.

Leave a Reply

