Merasa Semua Membencimu Hanya Karena Kesalahan Sepele (The Spotlight Effect)

        Padahal hanya melakukan kesalahan kecil, tetapi rasanya banyak yang membahas dan juga banyak memperhatikan tetapi mereka pura-pura tidak tahu demi menjaga perasaanmu. Kamu merasa seperti itu dan merasa tidak perlu dengan kebaikan mereka?

staring-eyes
Mereka Meperhatikanmu

 

         Tenang saja, karena mereka tidak berpikir seperti itu. Asal tahu aja bahwa mereka juga tidak terlalu perduli dan ini semua hanya perasaanmu. Hal yang sebaliknya juga terjadi kok. kalau kamu lihat pasti ada orang yang baru ngelakuin hal kecil aja sudah merasa di atas awan dan kelakuan mulai tidak beres.

spotlight
The Spotlight Effect

Fenomena ini disebut dengan The Spotlight Effect, sebuah kejadian di mana seseorang merasa mereka sedang diperhatikan secara berlebihan oleh banyak orang disekitarnya. Jadi Sering merasa si dia memperhatikanmu atau si A, si B dan si C yang bergosip tentangmu. Berbahagialah atau bersedihlah karna mereka sebenarnya tidak peduli. Semua tergantung sudut pandang yang kamu miliki tentang perhatian orang kepadamu.

Pada Kenyataan.

        Tidak ada yang perduli dengan kesalahan sepelemu bahkan mungkin tidak banyak yang memperhatikan dan yang tahu hanya orang di sekitar paling 2 atau 3. Kecuali kamu melakukan kesalahan sepele yang sama berulang-ulang kali.

Ambil contoh saat ujian, nilaimu hanya 30. Kamu merasa semua orang tahu bahwa kamu adalah orang paling bodoh dalam kelas. Kenyataan yang terjadi hanya teman mu saja yang tahu dan itu hanya 3 orang yang kamu sangat akrab. Pada saat nilai dibagikan orang lain tidak peduli akan nilai 30 mu, mereka akan berpikir tentang nilai mereka sendiri.

 

Efek Buruk

garcinia-adverse-effects
Ingat ada efek buruk

Efek buruk dari The spotlight effect ini adalah tidak percaya diri dan bahkan sampai depresi, salah satu contohnya adalah susah tidur karena kepikiran dan lain-lain. Di sisi lain juga tidak hanya pada kejadian buruk saja, tetapi kejadian yang baik kalau kita perhatikan juga bisa menderita spotlight effect. Seperti saat merias wajah(Please jangan tersinggung, ini hanya contoh) karena merasa banyak yang memperhatikan, anak perempuan ini makin suka merias wajahnya. Nah dibalik riasan itu sebenarnya ada kecantikan yang pudar karena tidak percaya diri.

Lalu Apa berikutnya?

Haiiis, daripada kamu mikiri sesuatu yang tidak jelas cobalah pikirkan apa yang bisa kamu lakukan. Misal dalam kasus nilai jelek, belajarlah bersama teman-temanmu. Banyak kasus saya perhatikan saat terjebak, mereka malah “ya sudah, Inilah aku”. Cobalah memperbaiki diri.

Sebagian pelajar yang saya temui memiliki kecenderungan seperti ini dan sedangkan anak-anak kuliah IT yang pintar-pintar memiliki kecenderungan sombong padahal belum lulus.

Aku tidak akan membahas semua masalah yang ada. Karena tiap orang mempunyai masalah yang berbeda-beda sehingga kalau dibahas satu per satu tidak akan selesai-selesai. Ingat, jangan pedulikan pandangan orang terhadapmu. Selama kamu masih hidup kamu bisa berubah. Jadilah baik, dan semakin baik.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s