Hati-hati yang Sering Bilang “Enakan Jamanku” (Rosy Restropection & Nostalgic Bias)

       Pernah denger omongan “Dulu uenaak”, “Pas Jamanku”, “Aku dulu jek untung” dan yg sering muncul di internet :
85bc9b2176

       Kamu tahu bahwa sebenarnya pikiranmu sedang dalam pengaruh bahwa masa lalu lebih baik. Siapa yang mempengaruhi? Hmmm, sebenarnya kamu sendiri.

      Manusia suka mengingat-ingat masa lalunya. Aaaah, masa-masa yang indah dan menyenangkan. Dulu aku pingin cepet lulus, sekarang pingin balik SMA. Tidak kerja, tidak mikiri tugas berhari-hari, kalau bingung tinggal tanya guru, dan solidaritas di SMA tinggi.

        Yeaah right, kamu lupa kejadian-kejadian yang tidak enak saat kamu di SMA. Kamu mengingat yang baik-baik saja itu karena otakmu memutuskan untuk menghilangkan yang buruk demi kerja yang lebih ringan. Sehingga kamu merasa masa lalu lebih enak. Hal ini disebut Rosy Retrospection.

 

Mengenang masa lalu itu baik, tapi bagaimana kalau masa lalumu terdistorsi?

x-memory

Tentu saja hal ini membuat kamu tidak bersyukur dengan apa yang kamu punya. Pada masa lalu kamu susah-susah belajar dan menangis karna tidak mau belajar. Tetapi setelah kamu bisa dalam materi tersebut kamu ingin mengulanginya lagi karena kamu sudah bisa. Efeknya adalah kamu berandai-andai di masa lalu dan tidak melanjutkan hidupmu.

Pada kenyataannya.

Pendidikan kita sudah lebih baik, banyak hiburan di sekitar kita, pengetahuan kita luas berkat internet dan hidup sosial kita tinggi. Bagaimana dengan jaman dahulu? apakah ada AC? ada Internet? dan walaupun belum semua, bedasarkan data jumlah kemakmuran meningkat dan jumlah kemiskinan menurun.

happiness

Jadi apakah kamu yakin jamanmu masi lebih enak?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s