Rahasia kok malah banyak yang tahu? ini namanya adalah Streisand Effect.

       Pernah tahu sebuah film yang tidak terlalu menarik tentang seorang diktator korea Kim Jong Un? ini keluar pada tahun 2014. Pada tahun itu seorang Hacker mengancam sony dengan membocorkan email perusahaan sony tersebut dan akan mengebom teater yang menayangkan film tersebut.

      Sony memutuskan menarik semua film tersebut dan menayangkan online, dan banyak teater yang mengambil dan menayangkannya secara independen. Ironisnya adalah film tersebut buruk, rotten tomatoes saja memberikan nilai 52%.

        Tetapi karena itu memberikan sebuah kontroversial hebat maka semakin banyak orang yang mencari dan menonton film tersebut. Kalau di Indonesia tau kan video ariel peterpan dan luna maya. ini adalah Streisand Effect, di mana ketika sebuah fakta disembunyikan maka akan makin nampak daripada sebelum disembunyikan.

      Kita melihat sekali banyak keresahan yang terjadi di masyarakat karena hal ini, politik misalnya. Dengan membuka aib lawan politik maka masyarakat yang sebelumnya tidak tertarik politik malah tertarik. Yuuup, bisa jadi ini black campaign.

ilustrasi-politik1

       Sisi baiknya adalah masyarakat jauh lebih sadar politik, di mana dulu mereka tidak pernah peduli. selain membuka aib lawan politik, masyarakat pun mulai mencari terhadap politikus yang dia ikuti dan dari sini akan makin keluar aib-aib yang mereka sembunyikan.

      Nama fenomena ini diambil dari Barbra Streisand. Pada tahun 2003, seorang fotografer mengambil foto dari udara dan memposting hal tersebut pada halaman fotografi. Naasnya streisand menemukan foto tersebut dan mengajukan tuntutan pelanggaran privasi, streisan menuntut 10 juta dollar dan akan menyumbangkan uang tersebut untuk amal.

        Sebelum tuntutan itu terjadi foto tersebut hanya di download 6 kali, 2 dari pengacara streisand. setelah tuntutan itu terjadi maka dalam bulan pertama ada 420.000 orang yang mengunjungi website tersebut dan melihat foto tersebut. Sehingga tuntutan tersebut dibatalkan dan streisand malah harus membayar kepada fotografer tersebut biaya legalitas foto dan saat ini sudah ada milyaran orang yang melihat foto tersebut. woooops.

        Sama seperti kejadian taksi bluebird dan taksi online, saat mereka memprotes taksi online tersebut malah banyak orang yang menggunakan taksi online dan tidak menggunakan taksi bluebird.

jokowi-soal-demo-tertib

        Nah belajar dari hal ini dan mulai berhati-hati dalam bertindak terutama kalau mau menjaga rahasia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s