Kalau harus mengambil keputusan ambilah sekarang dan cepat

Kita selalu punya teman yang kalau ditanya :

  1. Mau makan apa?
  2. Mau ke mana?
  3. Mau nonton apa?
  4. kapan perginya?

Jawabannya 1 yaitu terserah, atau kalau tidak mereka akan berpikir seperti siapa yang akan dia selamatkan dalam kebakaran. bukan kamu? ya, memang ini tidak terjadi pada semua orang akan tetapi pernahkan ketemu orang seperti ini?(Maksa)

    Tetapi coba perhatikan, orang-orang yang mikir. Biasanya mereka akan meminta waktu lebih tetapi keputusan akhirnya diberikan saat mereka ditanya ulang atau malah keputusan yang diberikan makin tidak jelas. Jadi mengapa mereka mengambil waktu berpikir?

     Dalam sebuah penelitian yang disebut “Decision Quicksand : how trivial choices suck us in“. Di mana untuk sebuah kasus pengambilan yang mudah orang tersebut disuruh berpikir. misal
tujuan kamu adalah pergi makan, ada 2 tempat pilihan KFC dan McD, nah sekarang coba duduk dan pikirkan tempat mana yang enak serta plus minus yang bisa kamu pikirkan.

     Sebagian besar orang akan semakin kesusahan dalam memilih sehingga jawaban mereka kembali menjadi terserah. Dalam hidup kita apapun pilihannya yang harus diingat adalah tujuan akhirnya, di kasus memilih KFC atau McD keduanya adalah pilihan yang benar karena tujuan akhirnya menghilangkan rasa laparmu.

       Sebaliknya juga berlaku, saat orang dihadapi pilihan yang sulit maka mereka butuh waktu untuk memutuskan dan seringkali orang-orang ini memutuskan dengan tepat. Tetapi untuk sebuah pilihan mudah yang tidak menyangkut hidup mati atau memberikan pengaruh pada masa depan mu maka memberikan waktu berpikir 1 menit saja akan menjadikan itu masalah hidup atau mati dan kamu akan kesulitan memutuskan. By the way, bedakan antara contoh kasus pilih tempat makan dengan memilih kampus. Memilih kampus itu penting, jangan asal ikut teman.

       Para dokter diharuskan mengambil keputusan yang penting bagi nyawa pasien sehingga rumor yg saya dengar adalah para dokter yang menangani gawat darurat harus mengambil keputusan dalam waktu 59 detik maksimal.

Untuk mengatasi hal ini saya merekomendasikan video ini :

Advertisements

2 thoughts on “Kalau harus mengambil keputusan ambilah sekarang dan cepat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s