Jangan hanya meniru

        Hidup kita seringkali meniru orang lain, kita bilang saja proses belajar mengajar dalam sekolah sebenarnya adalah proses sang murid meniru apa yang gurunya tahu. Karena itu seorang guru atau pendidik seharusnya memperhatikan tindakan dan perkataannya.

           Ini yang seringkali dilakukan oleh banyak orang, mereka selalu mencoba meniru yang terbaik, terbaik dan paling baik. Padahal sesungguhnya cara hidup, pola pikir dan kisah hidup kita berbeda dari orang-orang yang menulis kisah sukses mereka. Lalu bagaimana bisa kita sukses seperti mereka? jawabannya adalah ikutlah susah seperti mereka. Inilah yang kita tidak mau. Kita mau sukses tapi tidak mau susahnya.

 

Tidak ada yang pasti

       Tidak ada yang pasti, beberapa belas tahun lalu kalau bisa bekerja di bank adalah sebuah keistimewaan, beberapa tahun lalu jadi dokter adalah sebuah pekerjaan yang sangat membanggakan, beberapa saat ini kuliah IT digemari karena meningkatnya penggunaan Smartphone dan teknologi. Ke depan? bagaimana? kita tidak tahu.

        Apa yang kita tahu pasti? Susahnya, selalu itu yang ada dalam pikiran kita terlebih dahulu. seringkali kita melihat, teman-teman kita masuk jurusan apa/ kuliah apa, atau mana yang mudah? tanpa memikirkan apakah memang itu bidangmu yang kamu sukai dan membuat kamu bahagia?

       Memang akan keluar jawaban, yang penting aku sama temen-temenku aku wes happy. yup, ini pemikiran jangka pendek. apakah kamu yakin akan lulus di saat yang bersamaan, apakah kamu yakin akan bekerja di tempat yang sama, apakah kamu yakin kalian akan selalu bersama?

Yang harus kamu lakukan.

  1. Pilih jalan hidup sesuai dengan apa yang kamu sukai, kalau mereka memang temanmu, beda jurusan pun kalian akan tetap berteman. Mungkin dalam pilihanmu kamu sendirian, dan bukankah ini berarti kamu bisa mendapat teman-teman baru? kenal orang-orang baru?
  2. Carilah seorang figur, pelajarilah kesalahan-kesalahan yang pernah ia buat dalam hidupnya. “berlatihlah dan belajarlah terus hingga idolamu ini menjadi rivalmu”
  3. cobalah hal-hal baru kalau kamu belum menemukan yang kamu sukai atau tempat minatmu berada.
  4. Tulislah ceritamu sendiri, jangan biarkan orang lain yang menuliskan untukmu. mandirilah, jangan mudah menyerah dan kalau bisa bantulah orang lain jadilah berkat bagi mereka.

bukankah orang-orang seperti ini yang sukses di dalam hidup mereka? temukan apa yang membuat mu bahagia dan hidupmu bermakna.

cari pelan-pelan, memang proses ini tidak bisa instant. tapi kalau kamu tidak mulai sekarang, kapan? kalau bukan kamu yang memulai, siapa? jangan hanya bertahan dan menunggu. pergilah ke petualanganmu dan hiduplah.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.