Jangan Teori Doang.

Semakin maju pendidikan yang ada, dengan ide-ide kurikulum yang baru. Saya merasa hal ini  membuat pelajar-pelajar mampu berpikir dengan baik.
HANYA berpikir dengan baik.
apa efeknya?
1. Mereka tahu apa yang baik  tapi tidak berbuat yang baik.
2. Mereka tahu apa yang baik tapi mereka tidak mau tahu di saat yang bersamaan(cuek).
3. Mereka tahu apa yang baik tapi mereka malas melakukan yang terbaik.

Sehingga terbentuklah sebuah generasi yang sangat pintar berdebat, pintar bersilat lidah akan tetapi dalam dunia nyata tidak bisa apa-apa. Bahasa inggrisnya adalah NATO(No Action Talk Only).

90359_nato

Apalagi dengan berkembangnya jaman, internet semakin murah, smartphone juga ada yang murah. Hal ini memberikan mereka sebuah tembok untuk sembunyi(tidak bertemu secara langsung). Apa efeknya? munculah seorang anak yang sangat suka mebully orang secara psikis dan di dunia nyata sangat kalem.

Saya bekerja di institusi pendidikan sebagai seorang pengajar dan saya merasa bahwa seorang pelajar yang baru masuk untuk menimba ilmu di tempat saya bekerja sangat tidak tangguh dan semakin tahun semakin banyak. Tidak sedikit juga ada seorang pelajat yang arogan, karna dia mengerti lebih banyak maka dia ingin mendapat pelajaran lebih. Kelihatannya baik, apakah dia memikirkan temannya yang lambat belajar?

Masalah ini tidak selesai di situ saja, ada mahasiswa yang begitu pintar nya di awal. saya kawatir bahwa dia akan sombong. Hingga suatu saat dia menemukan masalah yang tidak bisa dia lalui, harga dirinya menghalangi untuk minta tolong.

Karena itu menurut saya penting bahwa dalam sebuah pendidikan ada praktika yang mengikuti, yang mengasah baik kemampuan berpikir maupun life skill yang benar-benar bisa digunakan. Penting juga selain intelektual ada kemapuan bersosialisasi yang diajarkan baik melalui pelatihan-pelatihan/workshop atau Latihan dasar kepemimpinan. Saya beruntung bahwa di tempat saya bekerja hal-hal ini jalan.

Sehingga yang menjadi kekawatiran saya adalah saat mereka sudah bisa bekerja sebelum mereka lulus. mereka menjadi malas menyelesaikan study mereka karena sudah memiliki kemampuan yang lebih dari cukup untuk bekerja secara independen dalam dunia kerja.

Contoh pelajaran yang ada di tempat saya bekerja.
Fotografi : di mana selain cara mengambil foto yang baik mereka juga diajarkan cara mengambil foto dengan kamera mereka.

10
Source : Sistem Informasi Bisnis

beberapa dari mereka menjadi model dan sisanya menjadi fotografer. Mereka melakukan photoshoot dengan tema fitness. Kegunaanya banyak, salah satunya adalah untuk Marketing. sehingga mereka tahu bagaimana cara mengambil foto yang membuat orang jadi ingin fitness.

Mungkin ada yang bertanya mengapa saya sangat Pro dengan Sistem Informasi Bisnis STTS. Jawabannya cukup mudah, karena saya bekerja di sana dan tulisan-tulisan ini adalah bahagia, tangis dan keluh-kesah yang saya rasakan selama saya menjadi pengajar.

Mungkin lain kali saya akan membagikan bidang ilmu yang saya pelajari.
Have a blessed day.

Also Read :
Bingung Kuliah apa
Arti Sebuah Ilmu
Don’t Wait to Be Educated, Educate Yourself
5 Hal yang Merusak Dunia Pendidikan

2 thoughts on “Jangan Teori Doang.

Leave a Reply

