Bingung Kuliah apa

Bingung kuliah apa merupakan sebuah pertanyaan yang muncul bertahun-tahun. yang sangat disayangkan adalah keputusan yang diambil.
1. Ambil jurusan yang mudah saja, yang penting lulus.
Kedengarannya baik, tetapi ini adalah keputusan yang merugikan. kenapa merugikan? karena kalau kuliah dengan “yang penting lulus” kenapa harus kuliah? langsung kerja aja. jangan habiskan waktu dan uang untuk sesuatu yang tidak kamu nikmati. percayalah uang yang dibayarkan bisa buat modal usaha, bahkan masih lebih2.

2. Ambil Jurusan yang diambil teman-teman.
yang kedua hampir sama seperti yang pertama akan tetapi uang yang dibayarkan adalah untuk memberi kamu waktu bermain sama temen-temen kamu lebih lama. kenapa hampir sama? karena uangnya bisa dibuat jadi modal usaha.

dari kedua alasan ini bukan hasilnya yang penting. melainkan prosesnya, percuma memiliki ijasah apabila selama kuliah tidak belajar apa-apa dan kerjaan yang diambil adalah membantu orang tua, atau melanjutkan usaha yang diberikan orang tua, bahkan yang paling parah adalah tidak tahu mau melakukan apa setelah kuliah.
bukankah lebih baik tidak kuliah?

zgfmyybg-1371082658

Apabila kamu masih bingung, sebaiknya lakukan beberapa hal ini:
1. Lihat nilaimu
lihat mana yang paling bagus dan pikirkan untuk memperdalam dan bekerja pada bidang yang kamu kuasai.

2. Minta bantuan orang lain tapi….
pennentu keputusan akhir adalah dirimu sendiri. minta bantuan orang lain, mereka bisa punya saran tetap saja pengambil keputusan terakhir ada di kamu.
ucapkan ini 3 kali “Keputusan akhir ada di aku”

jangan bawa tangan kosong, dalam artian tidak pernah memikirkan apa jurusan yang akan diambil lalu datang minta saran.  sebaiknya bertanya seperti ini “Saya mau masuk jurusan X apakah kamu/papa/mama/guru melihat saya memiliki kemampuan dan cocok di bidang itu.”
jadi jangan langsung tanya “enaknya aku masuk jurusan apa?”, “aku bingung kuliah apa!”, “kuliah apa ya yang enak?”
jawaban yang kamu terima saya yakin 80% adalah “terserah kamu”, “lha kamu sukanya apa loh”, dan masih banya jawaban lain yang sebenarnya sangat tidak membantu.

3. Ikutlah seminar-seminar atau pameran atau yang lebih baik lomba
sebenarnya cara ini lebih random, akan tetapi coba ikuti dari awal hingga selesai. siapa tau kamu tiba2 menemukan apa yang ingin kamu lakukan atau kebayang di masa depan nanti kamu tau dirimu akan di mana dan apabila kamu ikut lomba itu sebenarnya seperti representasi dari yang akan kamu pelajari dalam jurusan tersebut.

4. coba cek sosial media yang ada
Banyak sekali media yang digunakan tetapi coba carilah sosial medianya. lihatlah seberapa hidup sosial media tersebut dan seberapa aktif sosial media tersebut. banyak sosial media yang kelihatannya besar tetapi itu merupakan sejarah peninggalan masa lalu.

5. Bekerjalah dulu
coba bekerja, ikut bisnis keluarga mencoba juaan online, ambil part time. pengalaman-pengalaman yang kamu kumpulkan akan membantu kamu mengambil keputusan jurusan yang akan kamu ambil. hati-hati dengan nikmatnya memegang uang sendiri, ini bisa menyebabkan kamu malah tidak melanjutkan studi.

Kalau sudah tahu jurusan yang kalian inginkan coba carilah kampus yang kalian senangi atau yang kurikulumnya sesuai dengan minat kalian, jangan asal masuk ya. Berikut adalah contoh dari web Sistem Informasi Bisnis klik link berikut untuk melihat kurikulum kuliah IT

coba cek d bagian bawah(scroll ke bawah) di sana membahas tentang kurikulum dan kuliah-kuliah yang diajarkan. memang tidak semua kuliah akan kalian sukai, tetapi itu penting. contoh kalau kalian tidak suka matematika sudah pasti kalian tidak bisa menghitung uang. tapi kenyataannya kalian belajar matematika dan bisa menghitung uang.

nah belajarlah mengambil keputusan, melangkah dengan pasti, kalian pasti bisa.

2015-12-04-1449210149-2724155-selfconfidence

yang terakhir semoga kalian terberkati dengan post ini dan bisa minta bantuan untuk follow
ig : https://www.instagram.com/sib.istts/
fb : https://www.facebook.com/SIBiSTTS/
web : Sistem Informasi Bisnis

Aku sangat berterima kasih dan bersyukur atas dukungan kalian pada kedua sosial media ini.

Advertisements

5 thoughts on “Bingung Kuliah apa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s