Sosial Media : Tipe User

          Mari kita lihat ada 4 macam user dalam sosial media yang ada sesuai penelitian. Tentu saja yang saya ucapkan bukan abal2(penipuan), karena ada penelitian di balik semua ini.

         Yup semua orang memiliki pola dan kamu juga memiliki pola, mari kita lihat apakah kamu masuk dalam pola tersebut. Sebelum itu, kita mempelajari ini bukan untuk mengetahui kamu masuk pola mana, akan tetapi kita bisa tahu dan lebih kenal pasar yang ada di Sosial media.

Relationship Builder

         Kamu tahu, pamanmu atau bibimu yang selalu memberikan komen dalam postmu,? Ingat mereka? yup, orang-orang ini adalah relationship builder. Mereka adalah orang-orang yang memperkuat hubungan dengan orang-orang yang mereka tahu di dunia nyata.

Town Criers

          Coba lihat, apakah ada temanmu yang sering share-share berita politik, gosip hangat? Town Criers adalah tipe yang tidak berbicara banyak tentang dirinya, lebih suka di dunia maya daripada di dunia nyata.

Selfies

           Post kalau tidak ada foto wajah dirinya maka itu bukan foto. Orang tipe selfies adalah orang yang sering berfoto, membuat tulisan, video tentang diri mereka demi like dan komentar.

Window Shopper

           Sering online tetapi jarang komen dan post inilah window shopper. Semua orang sering melihat-lihat barang di etalase toko kan? Tipe yang ini sama. Istilah lama dalam internet disebut “Lurking”, dan suatu saat dia akan muncul, saat dia mau.

which-type-of-social-media-user-are-you
Coba cocokan orang-orang ini masuk tipe mana?

          Menurut Survey Facebook adalah sosial media yang paling besar dalam web. Besar bukan berarti pangsa pasarmu di sana. Instagam(menurut penelitian) adalah tempat dimana tipe Selfies berkumpul dan menariknya orang-orang di instagram sering menggunakan instagram mereka untuk mengetahui teman mereka, sehingga dapat kita simpulkan 1/3 instagram adalah window shopper. Dari survey juga diketahui bahwa tempat tipe selfies yang tinggi adalah snapchat.

            Tentu kalau kamu di bawah sebuah perusahaan dan ingin memasarkan produkmu maka kamu akan menjadi seorang town criers. Please give this blog a “like” atau coba cek website jurusan Sistem Informasi ini.

facebooklikecropped

 

Advertisements

One thought on “Sosial Media : Tipe User

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s