Memilih Sosial Media untuk E-Marketing Seperti Memilih Jodoh

Untuk kalian yang belum punya pengalaman menulis saya sangat menyarankan menggunakan media blog atau wordpress. Tujuannya apa? untuk kemudahan kamu dicari, terutama saat dicari di google. Kita bahas masalah pencarian di lain waktu, tetapi untuk saat ini kita bahas keunggulan dari sosial media dan tolong kamu pikirkan apa yang sesuai dengan kamu. iyaaa, kamu.

Tapi Pertama

Akan lebih baik kalau kamu melakukan study terlebih dahulu. study mengenai apa? mengenai cara customer mu atau calon customer dalam mencari info. Susah? hmm, tidak juga. Kita harus memanfaatkan yang namanya pooling dan google doc.

Tujuannya apa? agar yang kamu buat tidak sia-sia atau sudah buat tetapi tidak berefek.

Perhatikan gambar berikut

Untitled
Hasil Kuisioner Untuk Media yang Digunakan

42 orang mengisi kuisioner dan ? apa hasilnya? Instagram pemenangnya, facebook juara kedua dan youtube juara ketiga. Sederhanakan? mungkin kamu juga berkata 42 orang tidak mewakili semua. Saya jawab “BENAR”. Tetapi ini memberikan gambaran kasar dengan trend yang ada. By the way, kalau kalian mau menggunakan hasil kuisiioner ini silahkan. Tetapi kuisioner ini dibuat untuk institusi pendidikan kuliah IT.

Kedua.

Kamu sangat boleh mengabaikan hasil kuisioner dan saya sangat menganjurkan untuk mengabaikan kuisioner tersebut dengan syarat :

  1. Media yang digunakan benar-benar 0.
    Misalkan kamu memiliki facebook dengan jumlah friend 35 dan twitter dengan jumlah follower 786. Maka saya sangat menganjurkan ambil twitter terlebih dahulu.
  2. Kamu tidak punya bahan/kekuatan.
    Hasil menunjukan Youtube ada pada posisi no 3, jangan memaksakan diri membeli peralatan kamera untuk membuat video youtube. sekali lagi “JANGAN MEMAKSAKAN“. Untuk membuat konten tulisan itu tidak mudah, apalagi dalam bentuk video.
  3. Target Customer mu.
    Apabila target customer mu tidak ada dalam sosial media tersebut, ya jangan dipaksakan. Misal, kamu menjual sesuatu yang berhubungan dengan fotografi. Saya merasa akan lebih baik bila kamu bila menggunakan Instagram.

Saya rasa No 1 dan No 2 yang paling penting.  Nah disini akan saya beritahu sedikit, media apapun itu memliki sesuatu yang sama yakni “Seberapa Mudah Kamu Dicari” atau setidaknya seberapa mudah produkmu dicari. Sehingga hasil kuisioner itu dapat diabaikan.

4617700_rd
Seberapa Mudah Mencari Produkmu

Jadi sudah tahu kira-kira pakai apa? kalau kamu ga punya produk. Pikirkan untuk mempromosikan Kuliah IT ini adalah institusi pendidikan, pelajari keunggulannya dan produknya lalu buatlah marketingnya.  Tetapi bila sudah memiliki sebuah produk atau jasa, maka kita akan bahas masalah tentang kesan pertama. Tetapi sebelum itu akan kuceritakan mengenai kebiasaan copy paste yang akan menghancurkanmu.

Ok, Next.

Advertisements

2 thoughts on “Memilih Sosial Media untuk E-Marketing Seperti Memilih Jodoh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s