Menulis Pertama Kali

         Kamu lihat judul? itu tidak semudah menulisnya. Yuuup, mari kita mulai. Kalau kamu punya sesuatu yang akan kamu marketingkan maka itu adalah hal yang bagus. Misalkan sebuah barang, atau jasa atau apapun lah. Tetapi jangan melakukan ini bila  .. .. kurang berhasil(See Picture below)

7686178464_fdc8ea66c7
Kamu pasti bisa, gagal itu wajar. Anak kelas 1 SD sebut saja Budi kalau ditanya 5×5 dan tidak tahu jawabannya maka ia akan menangis, apakah dia berhenti belajar? Tidak kan dan saat dia kelas 5 dan adiknya yg kelas 1 bertanya 5×5 berapa maka si Budi akan menjawab “25 Gobloook”. Ini karena Budi tidak berhenti mencoba, apalagi saat dia baru pertama kali mencoba.

        Untuk sebuah barang kau tinggal menulis apa keuntungan dan kelemahan barang mu. Ok, itu bercanda. Tidak ada yang akan tertarik saat membaca keuntungan dan kelemahan barangmu. Sungguh percayalah padaku.

Tapi, Mengapa?

       Alasannya mudah, Customer tidak akan mengerti istilah-istilah yang kita gunakan. Kecuali dia adalah customer yang sangat teknikal. Perhatikan Skenario berikut:

  • Petugas : Terima Kasih pak, pemasangan kabel internet dengan kecepatan 500Mbps sudah dilakukan.
  • Si Bapak : ooh iya, 500Mbps itu cepet ga?
  • Petugas : itu cepat kok pak
  • Si Bapak : oh gitu ya? saya pake kok hape saya panas ya?
  • Petugas : itu masalah device pak.
  • Si Bapak : oooh gt, terakhir-terakhir. Kalau saya download film berapa cepat ya?

       Intinya adalah customer mu tidak tahu arti 500Mbps. Secara gamblangnya, kita tuliskan saja iklan yang mudah dimengerti oleh customer seperti.

“Ingin Streaming tanpa nunggu? sekarang sudah hadir kecepatan internet 500Mbps. Rasakan nonton youtube tanpa nunggu.”

        Sehingga saat kamu menulis pertama kali, pastikan apa yang kamu buat semanusia mungkin. … … … … … … … Bagaimana caranya ya? okay, tapi ini juga akan sangat teknikal.

imperial
Seperti gambar ini, sangat Teknikal

Caranya

      Pelajari barangmu dan buatlah semudah mungkin dimengerti seperti. Kalau beli laptop i9 3.4 GHz ini adalah kecepatan memproses program yang dijalankan, jadi kalau jalankan program bisa cepet. Sedangkan RAM digunakan untuk kemampuan dia menjalankan beberapa program sekaligus. Bagaimana dengan Graphic Card? graphic Card itu adalah cara komputer menggambar di layar. Jadi semakin tinggi maka semakin bagus pula gambar yang akan muncul di layarmu.

       Nah, seperti itu. Mudah? sebenarnya tidak apabila saya tidak kuliah di jurusan Sistem Informasi, apa itu? itu kuliah komputer dan tidak. Aku tidak akan membenarkan komputermu, membersihkan virus dan mencarikanmu komputer. Belajarlah sendiri.

       Apanya yang teknikal? oooh itu, tidak semua yang teknikal itu susah dicerna. Saya terbiasa membuat sesuatu yang susah dicerna menjadi sederhana dan saya hanya memberikan seperlunya saja di dalam contoh tersebut. Sama seperti e-Marketing ini, yang saya berikan adalah hal yang sangat sederhana, dan nantinya akan ke hal yang sangat  teknikal. Tapi untuk saat ini “Selamat menulis”.

       Mungkin kamu berkata, saya mau buat video atau animasi. Yeeaaah, apapun itu kamu pasti akan menulis teks untuk pemerannya atau tulis alur ceritanya. Sekecil apapun itu cobalah tulis.

6359213574356201971379680353_bgx973vimaataij

 

Ok, Next will be a lil bit more practical. Tujuannya untuk kamu yang belum pernah menulis.

Tapi, kalau sudah tahu kira-kira mau nulis apa. Skip aja.

Advertisements

One thought on “Menulis Pertama Kali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s