Membuat Jejak Online

       Kamu bilang e-marketing itu hanya mainan di facebook. Yeaah right. hahaha. Ada banyak sekali pilihan yang bisa kita gunakan tetapi pada saatnya nanti, belajarlah merelakan.

         Kamu tahu sebuah sosial media yang asik, di mana teman-temanku berkumpul, lalu pada tahun 2007 dan 2008 semua berubah sejak facebook menyerang *Play avatar theme song*. Yuup, Friendster. Kegagalan friendster adalah terlalu sombong dan tidak mau berubah. Saat dia sadar semua sudah terlambat.

friendster

        Tunggu, mengapa kita bicarakan ini? pertanyaan bagus. Intinya adalah siap-siaplah untuk meninggalkan platform lama(sesuaikan dengan kepopuleran). Kamu ingin mengikuti cara customer mu berbicara atau membuat customer semudah mungkin menemukanmu.

        Facebook sampai saat ini merupakan sosial media terbesar(cek statistiknya), bagaimana dengan twitter? Di Amerika yaa, di Indonsesia? Mulai makin sedikit yang menggunakan. Bagaimana dengan sekitarmu? Sosial media apa yang mereka gunakan?

Sosial Media yang mana?

        Nah, ini pertanyaan sulit. Apa guna sendok? untuk makan sup. bisakah garpu digunakan untuk makan sup? Bisa, tetapi effort yang dikeluarkan akan sangat besar dan makan waktu lebih banyak daripada supnya.

        Kalau customer mu suka lihat gambar maka gunakanlah Instagram, jangan youtube. Kalau informasi yang kamu tampilkan banyak, gunakan facebook jangan snapchat. please do.

blog-social-media

            Intinya adalah menemukan keseimbangan antara sosial media yang customermu gunakan dengan informasi yang akan kamu tampilkan dan ini bukanlah keharusan. bisa jadi kamu yang mengubah caramu dalam menyampaikan pesan ke customer. Coba cek iklan samsung berikut :

  1. Youtube Samsung Indonesia.
  2. Facebook samsung Indonesia.

Samsung menggunakan 2 cara yang berbeda sesuai dengan sosial medianya.

Bagaimana dengan saya?

      Banyak sosial media, tetapi saya sarankan buatlah blog. Seperti wordpress yang saya gunakan. Banyak template, tidak harus buat dari 0 dan kamu bisa gunakan untuk beragai percobaan termasuk saat kamu *uhuk*mengacau*uhuk*. Yaah, semoga tidak terjadi.

       Kemudian keuntungan berikutnya adalah blog mempunyai keleluasaan yang lebih … yaah … luas. Bayangkan blog ini adalah sebuah websitemu. Semua sosial media mempunyai batasannya tetapi blog .. hehehe.

  1. Twitter
    Membatasi kamu dengan 140 character.
  2. Facebook.
    Percayalah di Indonesia terlalu banyak Sh*tpost.
  3. Instagram.
    Waktunya kamu memperdalam kemapuan fotografimu, itu yg pasti kalau kamu ingin gunakan instagram.
  4. Google+
    Ini adalah kolusi, post yang masuk dalam google+ lebih cepat nge-tren dalam google search engine.
  5. Snapchat.
    … … Buatlah iklan yang bisa dimengerti dalam sekali lihat dan dalam waktu singkat.
  6. LinkedIn
    Sosial media ini dibuat untuk mencari pekerja dan kerjaan, tapi ini juga bisa digunakan. Istilahnya kamu mendapat kepastian yang membaca post mu adalah para profesional atau calon profesional.

      Intinya adalah mereka saling bersaing dan tidak mau kalah.

tumblr_mm4w8qabql1qaxacfo1_500

       Keuntungan dari blog adalah kamu bisa share post mu ke hampir semua sosial media yang ada. Kalau tidak ada tombol share, tinggal copy paste URL yang kamu buat.

      Yuup semua teknologi informasi ini kamu ketahui, tapi pernahkah kamu gunakan secara maksimal? Mungkin tidak jauh lagi kita menggunakan sebuah media yang berbentuk 3D.

Ok, Selesai. Coba pikirkan senjata yang akan kamu ambil. Pikirkan dulu, nanti akan kita bahas.

Next, Kita bicara mengenai Menulis.

 

Iklan

Satu respons untuk “Membuat Jejak Online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.