Why E-Marketing

Apa sih guna e-marketing? Mengapa menjalankan e-Marketing?

      Ya kita lihat saja iklan di koran harganya berapa, iklan di tv harganya berapa. Sungguhan coba kamu liat link yang ada di sana. Setelah itu kamu akan pusing menghitung berapa banyak yang harus kamu jual agar balik modal untuk iklan tersebut. Kedua, kamu tidak akan bisa mengukur siapa saja yang melihat dan berefek berapa besar apabila mengiklan di kedua media tersebut. Ketiga, BIAYA-nya. Sudahlah bagaimanapun juga kamu harus akui bahwa biaya selalu menjadi pertimbangan utama.

shutterstock_95370364-300x198

E-Marketing yang juga diketahui sebagai internet marketing  adalah sebuah pemasaran atau mengiklankan sebuah jasa atau produk melalui media elektronik.

      Mengapa e-marketing? Oookay, sebenarnya tidak alasan spesifik kecuali kamu melihat statistik ini. Alasan kedua adalah kalau kamu bingung akan sebuah pertanyaan atau error di komputer kamu, kamu akan tanya ke siapa? google? benar ga? Mau tidak mau harus diakui bahwa internet sekarang sudah menjadi bagian dari hidup kita.

       Seberapa gampang e-marketing? hmmm, tidak bisa dibilang gampang juga. Saya tanya balik, coba kamu buat iklan untuk sebuah helm sepeda motor, hanya dalam gambar beserta tulisan penjelasan. Waktu dipikirkan akan mulai sulit, kemudian semakin lama kamu pikirkan semakin sulit hal ini dan kalau kamu sudah selesai kamu mungkin akan puas dan menjamin bahwa iklan yang kamu buat akan efektif. Lalu beberapa saat kemudian kamu akan berpikir kenapa helm yang kamu jual tidak laku?

            Jawabannya mudah “Kalau kamu membuat iklan dan barangmu tidak terjual berarti iklanmu tidak baik

            Woooooh, jangan bersedih. kalau kamu benar-benar membuat iklan helm sepeda motor itu kamu sudah memasuki langkah pertama dalam dunia marketing. Yaaaap, kita pasti memulai dari hal kecil. Tidak mungkin ada seorang anak kecil yang pertama kali memegang pensil warna bisa menghasilkan karya yang membuatmu kagum(kecuali kamu orang tuanya).

         Kita akan belajar step-by-step membuat iklan yang baik. Seperti membuat konten dari iklanmu. kita bilang saja iklan rokok yang ada di Indonesia tidak pernah menampilkan rokok tetapi mereka masih menjual rokok dengan sangat luar biasa. Seperti tulisan yang telah saya bold, ini semua tentang konten dari apa yang kamu buat.

         Kedua, kita akan mulai mencoba membuat konten yang baik. Hmmm istilahnya belajar membuat iklan itu isinya seperti apa.

         Ketiga, kita akan belajar memanfaatkan sosial media yang ada. Yaaa, persiapkan teman-temanmu di berbagai sosial media dan lihatlah seberapa banyak temanmu.

Keempat, kita akan menggunakan yang namanya insight
insightInsight2.jpg

Memanfaatkan informasi dari sosial media kita agar kita bisa memposting dan mengetahui orang-orang disekitar kita suka post yang seperti apa, banyak online jam berapa, dan berapa banyak orang yang melihat iklan kita. Berasa Sistem Informasi banget kan? hahahaha.

         Kelima, kalian akan membuat sebuah blog. Yap, kalian. Hanya kalian, karena saya sudah menggunakan blog ini. Ada alasan mengapa blog sebuah langkah awal yang baik terutama bagi kalian yang tidak terlalu jago buat website, tidak tahu cara desain website, males desain website dari 0, tidak mengerti SQL,  *Uhuk* Pelit *uhuk* Hosting *uhuk*,  dan berbagai macam alasan lainnya.

         Keenam, kita akan coba buat website dan memanfaatkan yang namanya google analytic, google webmaster, tombol-tombol share dan mengapa tombol-tombol ini penting, sebagai dasar untuk yang namanya SEO.

            Ketujuh, Kita akan fokus dalam SEO yakni sebuah cara untuk menomor 1 kan web kita dalam google search. SEO caranya sudah berubah, dan makin banyak aturan. serta cara-cara blackhat yang lama sudah tidak dapat digunakan.

        Kedelapan, Kita akan menggunakan google mybusiness dan mencoba menggunakan yang namanya google maps dan membangun sistem yang memungkinkan kita membuat sebuah usaha tanpa tempat usaha. yuuups, kita bilang aja alibaba. Alibaba ini adalah tempat jualan, tapi di mana gudangnya? ini adalah sistem

      Kita juga akan menggunakan beberapa barang yang akan kita bantu jual baik dalam jasa maupun berupa barang yang belum di tangan kita. sehingga kita siapa tahu dalam mengikuti e-marketing ini anda bisa menghasilkan sejumlah uang $$ untuk kamu, yep untuk kamu.

Ok, Next

Blog ini bagian dari kuliah Sistem Informasi Bisnis

Advertisements

2 thoughts on “Why E-Marketing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s