2016 Tahun Sebuah Solusi

pada awal tahun setiap dari kita membuat resolusi. yang jadi pertanyaan bagi saya adalah mengapa ada kata “re” ?

solusi adalah penyelesain dari masalah yang kita miliki. sedangkan resolusi berarti penyelesaian kembali masalah yang kita miliki? apakah ini benar, bukankan ini juga kita memiliki masalah yang sama selama bertahun-tahun dan gagal berkali-kali.

saudara percayakah bila saya bilang kadang kita berlaku seperti Tuhan? kita ingin semua berjalan seperti apa yang kita mau karna kita merasa itu yang terbaik. hal yang harus diingat (dan saya ingatkan) adalah bahwa kita manusia sangat terbatas. bedakan dengan Tuhan yang tidak terbatas.

kalau begitu apakah kita harus berserah saja dan tidak melakukan apa-apa? pertanyaan ini setengah benar dan setengah salah.
kita berencana Tuhan yang berkehendak, banyak faktor yang mempengaruhi rencana kita sehingga berserah pada yang mahakuasa akan suksesnya rencana kita adalah hal yang wajar.

hal yang salah adalah “tidak melakukan apa-apa” apakah karena kita terbatas? hal ini tidak dapat dipungkiri akan tetapi sadarkah anda bahwa kita diberi kemampuan untuk melebarkan batas tersebut. saat kita kecil kita kesulitan melakukan perkalian sedangkan sekarang untuk perkalian sederhana saja kita tidak perlu menggunakan jari kita. yang lebih ekstrem adalah dulu kita tak bisa membedakan kiri dan kanan, bagaimana dengan sekarang? membawa barang 1 Kg saja berat bagaimana dengan sekarang?

benar, kita diberi kemampuan untuk melebarkan batas kemampuan kita. ketika kita tidak melakukan apa-apa maka batas tersebut tidak akan melebar sehingga berbuatlah sesuatu untuk melebarkan batas tersebut.

contoh ekstrem adalah anda ingin memenangkan sebuah kejuaraan tanding apa yang anda lakukan saat tahu diri anda lemah? tentu saja berlatih.
saya akan memberikan solusi saya yang ada pada tahun 2016 ini. mengapa bukan resolusi? karena setiap tahun permasalahan yang kita hadapi tidak akan makin ringan.
solusi yang saya berikan adalah bertahanlah dalam apa yang engkau yakini dan bukalah wawasanmu
mengambil dari quote orang yang terkenal

Bruce-Lee-Enter-the-DragonI fear not the man who has practiced 10,000 kicks once, but I fear the man who has practiced one kick 10,000 times.” -Bruce Lee

saya tidak takut pada seseorang yang berlatih 10000 tendangan sekali, tetapi saya takut kepada seseorang yang melatih 1 tendangan 10000 kali.
bertekunlah dengan tujuan anda dan jangan lupa untuk belajar
tanpa latihan kita tidak akan mencapai kesempurnaan itu maksud dari bruce lee, hal yang harus diingat dalam hal ini adalah bruce lee hanya mengatakan sebagian.
bukan berarti dia seorang pembohong, saya percaya quote itu dijalankan oleh bruce lee akan tetapi apakah bruce lee hanya bisa menendang dalam seluruh hidupnya? jawabnya adalah tidak, maksud saya adalah bruce lee tidak hanya melatih tendangannya, dia melatih tinjunya, kecepatan tangan, cara menghindar dan banyak cara lainnya dalam seni bela dirinya. untuk apa hal tersebut? untuk mencapai kesempurnaan dalam seni bela diri yang dia kembangkan.

akhir kata dari saya adalah belajarlah sebanyak mungkin untuk menggapai cita-cita anda. ubahlah hidup anda, perbesar batasmu. anda ingin jadi seorang penyanyi yang handal anda tidak hanya akan belajar mengenai suara anda, anda akan belajar mengenai membaca not, dan menulis sebuah lirik, tidak hanya semata wayang menyanyi saja, hadapi kenyataan dan menanglah.

berlatihlah hingga idolamu berubah menjadi sainganmu.

Semoga yang saya tulis ini membantu, Tuhan Berkati

 

Leave a Reply

