2016 dan Perubahannya

Selamat tahun baru semua. ^_^

mari kita ambil waktu sejenak untuk mereview  yang telah kita lewati selama ini dan mencoba menjadi lebih baik.

secara pribadi saya melihat bahwa hidup kita sangat berubah dengan adanya sosial media yang makin bervariasi dan makin banyak di mana membuat hidup kita makin berwarna. lalu? apa masalahnya?
sadar atau tidak dengan adanya sosial media ini kita makin tidak bersosialisasi, bukan dalam maksud yang buruk akan tetapi tanpa melihat lawan bicara kita, kita seringkali menduga emosi lawan bicara kita.
… iya seperti tulisan saya ini

“SELAMAT PAGI SETAN”

coba tebak apakah tulisan ini sedang marah atau bertemu dengan kawan baik yang tidak ditemuinya selama liburan akhir tahun ini. apabila ini chat pribadi saya rasa tidak akan ada masalah. akan tetapi bila dalam group atau dimana penerima ini lebih dari 1 orang maka akan ada orang yang mungkin tidak mengerti maksud tulisan tersebut.

yang kedua adalah maraknya orang yang terlalu percaya pada apa yang ada dalam sosial media. apakah ini buruk? tidak juga, tergantung apa yang anda percayai.
terkadang lebih baik bila anda melihat berita tersebut, membaca isinya dan memikirkan benarkah kejadian tersebut? apakah itu baik bagi orang lain? dan apakah bermanfaat bagi orang lain? bila jawabanya adalah benar, baik dan baik maka sharelah hal tersebut.
seperti apa berita yang tidak baik? hmm, hal ini sedikit sulit dijabarkan karna memang ada orang yang memanfaatkan hal-hal seperti ini sebagai garis penentu yang baik dan tidak.
sebagai contoh saja lebih banyak orang yang percaya apabila dikatakan gol darah B sebaiknya memakai baju warna merah untuk keberuntungan anda

apa yang terjadi bila saya seorang dengan bintang cancer, shio kuda dan golongan darah B menemukan berita seperti

Cancer : hidup anda akan baik bulan ini sering-seringlah membantu orang. percintaan anda sedang banyak yang ngejar. angka baik anda 11,17 29
Shio Kuda : anda akan mengalami kesusahan financial bulan ini, jaga pengeluaran anda. kesehatan anda sangat baik beraktifitaslah lebih banyak.
Gol Darah B :  lagi banyak duit ya? bagi-bagi dong. untuk kesehatan hati-hati sakit loh. dan si B lebih baik ga usah deketin siapa-siapa dulu deh. lagi bad mood terus.

berita mana yang saya percaya? pada kasus seperti ini lebih baik tidak mempercayai apapun karena kita yang menentukan masa depan kita sendiri. jangan sampai kehidupan kita dikendalikan dengan berita-berita tidak jelas seperti ini.

saya tidak tahu di daerah lain akan tetapi di surabaya memiliki banyak cafe dan ini menjadi gaya hidup. apakah buruk? sekali lagi jawabannya bisa iya dan bisa tidak.
hidup itu mudah yang susah adalah gaya hidup. ketika kita minum sebuah kopi untuk mencoba rasanya maka kopi 1 cangkir kecil dengan harga Rp. 40.000 adalah harga yang pantas. maksud saya adalah mencoba hal-hal baru merupakan sebuah aktiftas yang baik bagi otak anda terutama dalam kreatifitas. tetapi apabila anda menjadi ketagihan ini adalah sesuatu yang mulai menjadi buruk
ketagihan dalam arti bertemu di kafe, nongkrong di kafe, makan di kafe, sehari 2 kali seminggu 9 kali. hitunglah biaya anda sendiri dan usahakan untuk tidak terlilit hutang. 2016 kira-kira ketagihan apa yang akan muncul? 2014 adalah era Moge(Motor Gede), 2015 era Kafe, 2016 era apa yang akan muncul?

Yang terakhir yang bisa saya lihat dari tahun saya di 2015 adalah makin hilangnya kesabaran. Eeer, bukan berarti orang-orang mudah marah atau sejenisnya.  makin hilangnya kesabaran juga masuk dalam terburu-buru atau ingin segala sesuatu instan.
lalu kenapa? apakah itu salah?
sekali lagi jawabannya bisa iya dan tidak. salah, bila dalam terburu-burunya anda atau hilangnya kesabaran anda untuk ego anda sendiri. dalam artian (contoh) anda menerobos lampu merah, anda suka memberikan klakson pada orang di depan anda dalam kondisi macet, lebih sering mengomel akan hal ini dan itu karena prosesnya lama dalam hal ini yang sering terlihat adalah apabila anda mendownload sesuatu.

apakah hal yang baik dari ingin sesuatu yang instan? hmmm, semakin sibuk maka yang dilakukan orang makin banyak, sehingga muncullah inovasi yang namanya komputer, makin banyak lagi pekerjaan maka muncullah yang namanya laptop, makin banyak lagi maka muncullah yang namanya smartphone, makin banyak lagi maka muncullah cloud di mana kita bisa mengunggah pekerjaan kita di dunia maya dan mengerjakannya di manapun.

hal ini juga terlihat dalam banyaknya orang yang masih membaca buku. hal ini makin berkurang dari tahun ke tahun. padahal salah satu cara membagi ilmu yang instan adalah dengan membuat buku dan dipublikasikan sehingga orang lain bisa membaca tanpa harus datang ke seminar dan mendengarkan pembuat buku tersebut. mereka ingin kalau bisa ada flashdisk yang dimasukan dalam kepala dan kita tinggal copy isinya. hei efisien sekali, tapi kliatannya tidak deh. saya mencoba membayangkan ada colokan usb di kepala saya .. .. .. kok rasanya mengerikan ya. hahaha

bagaimana dengan tahun 2016 ini kira-kira fenomena apa atau trend apa yang akan terjadi? mungkin ada baiknya bila kita tidak mengikuti akan tetapi kita buat tren yang baru, yang baik dan benar.

saya pun mencoba berubah dari orang yang hanya melihat masalah disini dan disana a.k.a ngomel menjadi orang yang mampu berdiskusi dan  memberikan solusi. ini adalah hal yang berat yang saya mulai dari 2015 dan akan saya lanjutkan ke tahun ini dan tahun-tahun ke depan.
untuk bisa memberikan solusi yang baik maka saya perlu belajar baik dari buku maupun belajar dari pengalaman saya sendiri dan pengalaman orang lain. saya harap hidup saya juga bisa menjadi berkat bagi orang-orang sekitar saya minimal adalah saya tidak membuat mereka menjadi lebih repot.

Keep Learning people, dan jadilah berkat bagi orang-orang disekitar anda

 

Leave a Reply

