Arti Sebuah Ilmu

Pernahkan kita kepikiran belajar ini itu buat apa sih? Kuliah salah jurusan, saya dijebak ini? harusnya gw langsung kerja, ngapain dulu sekolah SD, SMP, SMA, Kuliah toh nanti akhirnya juga jadi pegawai?

Heeeei, jangan sinis. hal-hal atau pertanyaan diatas terjadi karena pemikiran yang salah tentang sebuah ilmu

  1. Ilmu bukan hasil akhir, tetapi sebuah alat.

    Ilmu yang kita dapat bukanlah sesuatu yang pasti akan kita hadapi dalam dunia nyata, tetapi ilmu yang kita peroleh adalah alat untuk membantu kita dalam menghadapi masalah yang muncul seperti saat membeli sebuah tanah kita ditawari luas tanah 144 M2 akan tetapi saat kita ada di lapangan dan mengukur tanah, panjangnya hanya 12M * 10M, kalau kita tidak belajar matematika dasar pada SD maka kita akan mudah tertipu. nah ilmu lain yang kita miliki juga hal yang sama.

  2. Ilmu adalah alat yang bisa ditingkatkan dengan ilmu lain

    Kita menerima ilmu bagaikan menerima sebuah bongkahan besi, bagaimana kita bisa memanfaatkan bila sebuah bongkahan besi. kita belajar bagaikan menerima bongkahan besi, kita harus belajar untuk mengolahnya agar menjadi sebuah besi yang berguna, seperti sebuah pedang. mengolahnya tentu menggunakan ilmu lain, dalam ilmu lain belum tentu kita menerima besi, tetapi kita menerima benang dan kulit untuk membuat pegangan dari pedang yang kita buat agar saat kita memakai pedang tersebut kita tidak terluka

  3. Ilmu adalah alat yang bisa digunakan untuk mendukung maupun melukai orang-orang disekitar kita.

    Ilmu bisa digunakan untuk menyemangati orang disekitar kita seperti saat dia ingin memasuki suatu pengalaman yang baru dan dia belum mengerti apa-apa, kita bisa membantunya dan kita bisa membuat dia lebih percaya diri dengan ilmu yang telah kita punya. kita bisa membantu mereka mengasah sebuah pedang agar mereka dapat bertahan hidup. dengan ilmu yang sama kita juga dapat memaki-maki atau “menggoblogkan” orang lain. jadi hati-hati dengan ilmu anda

  4. Gunakan ilmu yang terbentuk dengan sebaik mungkin sesuai dengan yang kamu bentuk.

    apabila kamu membayangkan ilmumu adalah sebuah pedang gunakan ilmu tersebut untuk dengan baik. guna pedang adalah untuk menyayat atau memotong. perbedaan ini sangat signifikan menyayat seperti mengiris tetapi tidak dalam dan memotong berarti mengayunkan sekuat tenaga untuk membuat musuhmu menjadi 2.
    apabila ilmu mu sebua perisai maka gunakanlah perisai tersebut untuk melindungi buka untuk memukul orang lain atau mencoba memotong  dan menusuk dengan menggunakan  perisaimu.

  5. Ujilah ilmu tersebut

    hei, kamu membuat pedang, ujilah jangan sampai saat diayunkan pertama kali pedang itu patah, engkau membuat perisai jangan sampai saat perisai tersebut diduduki perisai tersebut bengkok. kegagalan adalah hal yang wajar, kita haru mengetahui mengapa kita gagal dan membuat kembali senjata kita(iya, ini artinya harus belajar lagi). semakin sering menguji maka kita bisa mengetahui hal mana yang tidak boleh kita lakukan dalam membangun pedang atau perisai tersebut sehingga perisai atau pedang yang kita bangun makin baik dan makin berguna.

  6. Tidak semua Ilmu akan terpakai karena termakan oleh waktu

    jaman berubah, dahulu memakai surat lalu memakai sms dan sekarang jamannya WA dan line. sehingga ilmu yang kita punya harus ditingkatkan terus menerus. untuk ilmu yang tak terpakai bagaikan bongkahan besi yang kita terima. saat kita membentuk bongkahan besi tersebut akan ada bagian dari besi tersebut yang tidak terpakai. saat menjahit kita akan memotong kain dan akan ada kain yang tidak terpakai.

Kita menimba ilmu dalam kuliah maupun sekolah bukan lah sebuah permainan belaka atau kewajiban yang ada hanya untuk memenuhi keinginan orang tua. seringkali kita menerima dari sekolah dan langsung membuangnya dan saat sudah bekerja kita sering kesusahan karena mencari ilmu yang telah kita buang tersebut. belajarlah dengan baik.
semoga sukses God Bless you.

Advertisements

2 thoughts on “Arti Sebuah Ilmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s